2.000 Warga Pantura Barat Terjangkit Kusta, Ini Gejalanya – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kurang lebih 2.000 warga kawasan jalur Pantai Utara bagian barat Jawa Tengah yang kedapatan terjangkit penyakit kusta. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat mendapati kasus itu sangat merebak di dua wilayah selama periode Januari sampai Desember 2018 lalu.

“Di Brebes dan Tegal, kasus kusta ini sangat mewabah. Bahkan di dua tempat itu jumlah penderitanya mencapai 2.000 orang. Kusta tergolong penyakit yang membahayakan tubuh manusia,” tutur Yulianto kepada metrojateng.com, Kamis (31/1/2019).

Yulianto mengungkapkan kusta merebak di dua daerah tersebut kemungkinan dipicu pengaruh cuaca dari kemarau menjadi musim penghujan dengan intensitas yang lebat. Dikatakannya, kusta merupakan penyakit tidak menular namun kenyataannya paling gampang menular di Indonesia.

Kuman yang ditimbulkan bisa menyerang manusia bila kondisi lingkungan sekitar kurang terjaga dengan baik.

Lebih jauh, Yulianto menerangkan penderita kusta umumnya mengalami gejala yang kasat mata. Bagi orang awam, bila mendapati bercak putih di kulit dengan kondisi mati rasa, ia menyarankan supaya lekas berobat ke rumah sakit maupun puskesmas terdekat.

“Karena kalau bercak putih lama-lama bisa membuat kulit mati rasa. Kalau kustanya jenisnya kering, lambat laun tulangnya mengecil. Jadi bukan putus sendiri seperti yang diketahui orang selama ini. Tapi kalau yang kusta basah kondisinya bisa lebih parah lagi,” kata Yulianto.

Ia mengungkapkan penderita kusta memang sulit terdeteksi. Bisa saja, dalam satu keluarga hanya ada satu atau dua orang yang tertular. Tapi, dalam kasus yang ia temui selama ini, kusta pun bisa menjangkit seseorang meski yang bersangkutan sudah berpindah tempat tinggal yang jauh dari daerah asalnya.

“Karena kusta itu baru menular kalau ada kontak fisik. Misalnya satu tempat tidur, bersentuhan langsung secara rutin. Kalau cuma bersalaman sebenarnya tidak menular,” bebernya.

Untuk menekan kasus penularan kusta di Pantura Barat, ia telah meminta petugas kesehatan setempat rutin mengecek kondisi warga di lingkungan padat penduduk.

Ia juga mengimbau warga menggalakkan peningkatan kebersihan supaya lingkungan rumah tetap nyaman ditempati. (far)

 


Artikel yang berjudul “2.000 Warga Pantura Barat Terjangkit Kusta, Ini Gejalanya – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.