Ancaman Tanah Longsor Intai Enam Kelurahan di Gajahmungkur – Kilasbaca.com

 

SEMARANG – Ancaman tanah longsor rawan terjadi di enam kelurahan di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Masyarakat setempat diminta selalu mewaspadai terlebih saat terjadi hujan lebat, dengan memiliki kemandirian dalam menanggulangi bencana hingga mengaktifkan Poskamling.

Camat Gajahmungkur, Bambang Pramusinto mengatakan, enam kelurahan tersebut dinyatakan sebagai daerah rawan bencana tanah longsor. Yaitu meliputi Kelurahan Lempongsari, Gajahmungkur, Bendanduwur, Bendanngisor, Bendungan, dan Petompon.

‘’Kami sudah punya program tanggap bencana yang kami bentuk di kelurahan-kelurahan rawan longsor. Termasuk di Lempongsari, kami juga berencana membentuk kelurahan siaga bencana untuk mengantisipasi adanya longsor seperti yang baru saja terjadi di RW 2,’’ ujarnya, Rabu (30/1/2019).

Bambang menuturkan, pihaknya telah merencanakan program siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat). Pihaknya akan mengusulkan anggaran ke pemerintah kota untuk mengadakan pelatihan kebencanaan, dan membuat beberapa fasilitas umum yang mendukung kegiatan antisipasi bencana.

Dia berharap nantinya akan terbentuk sistem dan pola penanganan ketika terjadi bencana. Sehingga diharapkan masyarakat memiliki kemandirian untuk penanggulangan bencana. ‘’Misal terjadi longsor, siapa yang harus dihubungi, lalu ketika harus mengungsi jalurnya mana. Masyarakat sudah pada tau itu,’’ jelasnya.

Pihaknya juga menyarankan, agar warga sekitar mengaktifkan lagi kegiatan Poskamling hingga pagi. Terlebih saat musim-musim seperti ini, karena menurutnya bencana tanah longsor kerap terjadi pada dini hari.

‘’Saat orang sedang pada tidur sehingga rawan menelan korban. Jadi Poskamling saya minta untuk diaktifkan kembali. Tidak hanya untuk jaga keamanan tapi juga untuk sarana antisipasi longsor,’’ tandasnya. (duh)

 

 

 


Artikel yang berjudul “Ancaman Tanah Longsor Intai Enam Kelurahan di Gajahmungkur – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.