Badai Siklon Tropis Disertai Hujan Lebat Masih Berpotensi hingga Ujung Januari – Kilasbaca.com

SEMARANG – Intensitas curah hujan di Jawa Tengah hingga akhir Januari nanti diperkirakan mencapai 50 sampai 100 milimeter per hari.

Curah hujan di atas 50 milimeter per hari dapat disebut dengan hujan lebat. Adapun hujan di atas 100 milimeter per hari, disebut sebagai hujan ekstrem atau sangat lebat.

Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang menyatakan tingginya curah hujan lantaran belakangan ini mayoritas daerah Jawa Tengah dan bagian Indonesia lainnya sedang dilanda badai siklon tropis riley.

Analis cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Ganis Erutjahjo mengatakan badai tropis riley akan memicu peningkatan gelombang laut lantaran dampaknya terpantau dari Sumatera sampai Nusa Tenggara Timur.

“Dalam beberapa hari ke depan curah hujan mengalami peningkatan antara sedang hingga lebat. Curah hujan diperkirakan sampai 50 milimeter sampai 100 milimeter per hari,” tutur Ganis kepada metrojateng.com, Minggu (27/1/2019).

Ganis menyatakan siklon tropis riley juga telah memicu ombak Laut Jawa dan sekitarnya naik. Peningkatan gelombang lautnya, kata Ganis mencapai tiga meter. Tak cuma perairan utara Jawa Tengah saja, ombak dengan ketinggian sebesar itu akan melanda pesisir selatan Samudera Hindia.

Ketinggian ombak paling tinggi, ia memerkirakan akan muncul di wilayah perairan selatan Jawa Timur hingga Pulau Sumba dan Selat Bali.

Ia mengungkapkan, sampai empat hari ke depan kemungkinan masih terjadi gelombang tinggi di sepanjang pantai utara Jawa Tengah ke wilayah selatan perairan Kalimantan.

Ia menyarankan para nelayan menyetop aktivitas melautnya dulu sampai cuaca mereda kembali.

“Imbauan kami dari BMKG tidak melaut dulu, supaya yang beraktivitas di laut selamat,” tegasnya.

Dampak lainnya juga akan memengaruhi aktivitas pelayaran.
Sebab, kecepatan angin di perairan akan melebihi batas normal, yakni mencapai 25 knot.

“Kalau 31 Januari besok mungkin sudah agak mereda gelombangnya, tapi kita tetap akan evaluasi setiap harinya terkait perubahan cuaca,” bebernya. (far)


Artikel yang berjudul “Badai Siklon Tropis Disertai Hujan Lebat Masih Berpotensi hingga Ujung Januari – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.