Banjir, 360 Napi Pekalongan Dipindah ke Lima Lapas – Kilasbaca.com

jambret ponselFoto: ilustrasi

PEKALONGAN – Lantaran sel tahanan terendam banjir dengan volume yang cukup tinggi, ratusan narapidana di Lapas Pekalongan terpaksa dievakuasi ke sejumlah daerah.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah, Heni Yuwono menyatakan ada lima daerah yang sedang bersiap menampung ratusan narapidana asal Pekalongan.

Kelima daerah yang dimaksud antara Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Batang dan Kota Semarang.

“Total ada 370 narapidana yang menghuni Lapas Pekalongan. Tetapi tidak semuanya dipindahkan. Kita sisakan sepuluh narapidana untuk tetap tinggal di sana. Sedangkan sisanya 360 orang kami evakuasi dulu ke Lapas Kelas IIB Brebes, Lapas Kelas II B Slawi, Lapas Kelas IIB Tegal, Rutan Kelas IIB Rowobelang Batang dan Lapas Kelas IA Kedungpane, Semarang,” ungkap Heni saat dikonfirmasi metrojateng.com, Minggu petang (27/1/2019).

Ia menyatakan pemindahan dilakukan untuk sementara waktu sembari menunggu banjir yang merendam lapasnya berangsur surut.

Heni mengaku pemindahan sudah dilakukan bertahap sejak sore tadi. Sampai selepas Maghrib pukul 18.30 WIB, terdapat 150 narapidana yang telah dikirim ke lima lapas tersebut.

Lebih lanjut lagi, ia mengestimasikan proses pemindahan baru kelar keesokan harinya.

“Setiap lapas menerima jumlah narapidana dengan jumlah bervariasi. Ada yang 30 orang. Ada pula yang 50 orang. Untuk Lapas Kedungpane sudah terjadwal menerima 50 narapidana dari Pekalongan,” kata Heni lagi.

Lebih jauh, dirinya malam ini akan bertolak ke Semarang naik pesawat terbang.

Setibanya di Semarang pukul 20.00 WIB nanti, ia akan langsung bergegas mengecek langsung kondisi Lapas Pekalongan yang terendam banjir.

“Malam ini juga, Mas saya dari Jakarta langsung pulang ke Semarang. Habis itu menuju ke Pekalongan. Saya akan kroscek kondisi lapas di sana yang memang sudah tidak layak dipakai,” jelasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Banjir, 360 Napi Pekalongan Dipindah ke Lima Lapas – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.