Banjir Merendam Empat Kabupaten, BPBD Kirim Popok dan Sembako – Kilasbaca.com

Siswa SD Negeri 2 Langenharjo harus menerjang banjir agar bisa sekolah. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

SEMARANG – Banjir yang melanda jalur Pantai Utara Jawa Tengah kian meluas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah mencatat banjir kini meluas dari Kabupaten Pekalongan, Kendal, Kudus dan Pati.

Sejumlah bantuan logistik pun mulai dikirim bagi para korban banjir empat daerah tersebut.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto mengatakan bantuan logistik mulai dikirim bertahap hari ini, Selasa (29/1/2019) ke Kabupaten Pekalongan.

“Masing-masing bantuan yang dikirim menggunakan truk BPBD, nanti mereka terima berupa kebutuhan bagi para balita mulai popok bayi, susu kaleng, bedak, selimut, makanan cepat saji dan bahan-bahan makanan pokok,” kata Sudaryanto kepada metrojateng.com.

Ia mengatakan banyak orang dewasa dan balita yang jadi korban banjir saat ini harus mengungsi ke tempat-tempat yang aman.

Pihaknya belum bisa memerkirakan kerugian materiil akibat bencana alam tersebut. Namun, ia memerkirakan jumlah warga yang terdampak banjir telah mencapai lebih dari 2.000 jiwa.

Di Pekalongan, pihaknya saat ini telah mengecek langsung kondisi para korban banjir. Warga yang terdampak banjir bandang berada di empat kecamatan. Mereka saat ini telah mengungsi ke belasan titik lokasi aman.

“Mulai balai RW, musala, masjid dan rumah warga yang bangunannya tinggi, sudah mereka tempati untuk sementara waktu,” tuturnya.

Sementara pihaknya juga sudah menerjunkan sejumlah personel untuk membantu evakuasi warga terdampak banjir di beberapa titik Kabupaten Kudus dan Kayen serta Sukolilo, Pati.

“Tim kami sudah ada di tiap lokasi banjir untuk membantu warga jika dirasa perlu mengungsi atau menyelamatkan barang-barang berharga,” tandasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Banjir Merendam Empat Kabupaten, BPBD Kirim Popok dan Sembako – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.