Baru Rampung Digarap, Talud Sungai Bodri Ambrol – Kilasbaca.com

KENDAL – Baru saja rampung dikerjakan, talud Sungai Bodri di Desa Lanji Kecamatan Patebon Kendal longsor. Untuk mengantisipasi longsor yang lebih parah, petugas memasang trucuk dari bambu.

Talud Sungai Bodri di Desa Lanji ambrol digerus banjir. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Tanggul Sungai Bodri sepanjang 80 meter longsor digerus banjir. Talud untuk menahan tanggul juga ikut ambrol.

Warga di sekitar tanggul was-was dan khawatir akan terjadi banjir. Pasalnya curah hujan cukup tinggi dan debit air di Sungai Bodri bisa sewaktu-waktu bertambah jika hujan di daerah selatan.

“Setiap sore jika hujan turun warga terpaksa tidak tidur memantau dan mengawasi tanggul yang sudah longsor dan retak,” kata Bambang Sugito, warga  sekitar tanggul, Rabu (23/1/2019).

Kepala Desa Lanji Nur Faizun mengatakan, talud dan tanggul ini longsor setelah hujan deras mengguyur wilayah Kendal. “Jika tanggul sungai ini jebol dua dusun akan terdampak banjir bahkan bisa sampai Kota Kendal,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kendal, Sugiono mengatakan kejadian ini akan ditangani Pemerintah Kabupaten Kendal dengan dana tanggap darurat.

“Sudah melalui persetujuan bupati penanganan tanggul ini akan menggunakan dana tanggap darurat karena tergolong bencana. Talud ini baru selesai dikerjakan dan sudah diserahkan ke PSDA Jawa Tengah,” ujar Sugiono.

Selain talud yang ambrol, gerusan banjir Sungai Bodri juga mengakibatkan tanggul setinggi tujuh meter longsor. “Lebar tanggul yang sebelumnya tiga meter kini hanya menyisahkan satu meter saja,” imbuhnya. (MJ-01)

 


Artikel yang berjudul “Baru Rampung Digarap, Talud Sungai Bodri Ambrol – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.