Cuaca Ekstrem, PLN Antisipasi Gangguan Kelistrikan – Kilasbaca.com

SEMARANG – Gangguan kelistrikan saat cuaca ekstrem seperti sekarang bakal sering terjadi. Untuk menangani hal itu PLN melakukan sejumlah antisipasi di lapangan.

Petugas PLN sedang melakukan pemeliharaan jaringan listrik. Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Salah satu yang dilakukan adalah melakukan perabasan pohon. Sebab, gangguan pohon tumbang kerap terjadi dan tak sedikit menimpa jaringan listrik.

Manager Komunikasi Unit Induk Distribusi (UID) PLN Jateng dan DIY, Haris mengatakan, saat musim hujan yang disertai angin kencang seperti sekarang ini, masyarakat banyak yang mengeluh adanya gangguan kelistrikan. Sebab, tidak sedikit pohon yang tumbang atau dahan pohon patah dan menimpa jaringan listrik.

“Melihat kasus tersebut kami mengantisipasi jauh-jauh hari. Kami upayakan perabasan pohon-pohon, khususnya yang berdekatan dengan jaringan,” ungkapnya, Rabu (23/1/2019).

Kendati demikian, masih ada kendala yang dihadapi di lapangan antara lain, keterbatasan tenaga dan terkadang menemukan masyarakat yang tidak mengizinkan pohon di depan rumahnya ditebang.

“Padahal, keberadaan pohon itu membahayakan jaringan listrik. Apalagi, jika sewaktu-waktu roboh karena angin kencang,” tuturnya.

PLN mengimbau kepada masyarakat, apabila ada pohon di dekat tempat tinggal yang tidak jauh dengan jaringan listrik diharap dapat melaporkan melalui Call Center 123.

“Jika terlihat berbahaya segera hubungi PLN. Sebab, paling tidak jaringan listrik dalam jarak tiga meter harus aman dan bersih dari gangguan seperti pohon atau ranting,” jelasnya.

Haris menuturkan, lebih baik hubungi PLN, biar petugas di lapangan yang akan memotongnya. Pelanggan dapat menyebutkan alamat dan data yang jelas, sehingga mempercepat tindakan.

“Kami sarankan masyarakat, untuk tidak menebang sendiri pohon yang bersinggungan dengan jaringan listrik. Gratis tidak dipungut biaya pemotongan pohon atau pemangkasan,” imbuhnya. (ang)


Artikel yang berjudul “Cuaca Ekstrem, PLN Antisipasi Gangguan Kelistrikan – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.