Dihantam Ombak, Kapal Batubara Terdampar di Pulau Komodo Tegal – Kilasbaca.com

TEGAL – Sebuah kapal tongkang berukuran 300 feat dengan panjang 90 meter terdampar di Pulau Komodo, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Senin (28/1) dini hari. Kapal yang berlambung Tongkang Polkan Datu.300.1 tersebut, diketahui baru saja selesai melakukan perbaikan di Dok Pelabuhan Tegal.

Kapal Tongkang TK Polkan Datu terdampar di Pulau Komodo, Kota Tegal, akibat dihantam ombak besar dan angin kencang. Foto : metrojateng.com/ adithya

Pengurus Kapal, Abun, saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (30/1/2019) siang mengatakan, dalam waktu dekat kapal yang biasa memuat batubara tersebut akan ditarik kembali ke laut lepas. Namun, hingga saat ini pihaknya masih menunggu peralatan dan Kapal Tug Boat.

Menurutnya, kapal tersebut baru saja diperbaiki pada pekan kemarin di Pelabuhan Tegal. Untuk sementara, kapal tongkang yang mampu memuat 7.500 ton batubara diparkir di laut lepas, menyusul diperbaikinya Tug Boat milik Pelabuhan.

“Perbaikan sudah selesai minggu kemarin. Begitu ditarik ke tengah laut, Kapal Tug Boat milik Dok Pelabuhan malah rusak. Akhirnya kapal diparkir sementara di tengah laut,” bebernya.

Nahas, sambung Abun, kapal TK Polkan Datu diterjang ombak besar dan angin kencang hingga akhirnya terdampar di bibir Pulau Komodo, Senin (28/1) pukul 02.00 WIB. Beruntung, saat kejadian tidak ada pengunjung yang berada di bibir pantai.

“Minggu ini akan dievakuasi, sambil nunggu Tug Boat selesai diperbaiki dan tali jangkar dari Jakarta. Karena setelah terseret, tali jangkarnya terputus,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakapolsek Tegal Timur, AKP Riyanto mengemukakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan keamanan pulau, untuk mengamankan lokasi di sekitar kapal tongkang. Sebab, Pulau Komodo kerap didatangi wisatawan dan warga lokal.

“Banyak anak kecil bermain di pantai. Kita mengimbau kepada pengunjung untuk tidak mendekati kapal tongkang,” tutupnya. (MJ-10)


Artikel yang berjudul “Dihantam Ombak, Kapal Batubara Terdampar di Pulau Komodo Tegal – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.