Dua Penambang Galian C di Tegal Tewas Tertimbun Longsor – Kilasbaca.com

TEGAL – Dua penambang galian C tradisional di Desa Sumbaga, Kecamatan Bunijawa, Kabupaten Tegal, tewas tertimbun longsor, Minggu (27/1/2019) sore. Sementara satu lainnya mengalami luka ringan dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan pertama.

Petugas Puskesmas Bumijawa dan PMI saat mengevakuasi korban penambang galian C yang tertimbun longsor. Foto : metrojateng.com/ adithya

Informasi yang berhasil dihimpun metrojateng.com menyebutkan, dua penambang yang tewas yakni, Rifki (30) warga RT 02/ RW 05 dan Jaenudin (45). Sementara korban luka-luka, Asikin (50) warga RT 05/ RW 01. Ketiganya merupakan warga Dukuh Gergohong, Desa Sumbaga.

Menurut Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal, Sunarto, Rifki meninggal di lokasi kejadian dalam kondisi mengenaskan. Sedangkan Jaenudin meninggal di Puskesmas Bumijawa, sesaat setelah mendapat perawatan medis.

“Mereka tertimbun longsoran material saat menggali pasir tras menggunakan cangkul dan linggis,” jelasnya.

Pada saat menggali, tiba-tiba dari atas tebing sebuah batu besar dan pasir tras runtuh. Batu tersebut menimpa tubuh Rifki dan Jaenudin. Sedangkan Asikin hanya tertimpa longsoran pasir.

Ditambahkan Sunarto, korban Rifki mengalami luka-luka di bagian perut hingga mengeluarkan darah dari hidung. Sedangkan rekannya Jaenudin, mengalami patah tulang pada tangan kanan dan kaki.

“Ada dua orang lain yang berada di lokasi itu, yaitu Wiranto dan Sodikin. Keduanya dibantu warga lain mengevakuasi korban untuk dibawa ke Puskesmas Bumijawa,” imbuhnya.

Saat ini, kedua jasad korban meninggal sudah dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan. Sementara korban luka menjalani rawat jalan. (MJ-10)


Artikel yang berjudul “Dua Penambang Galian C di Tegal Tewas Tertimbun Longsor – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.