Hakim Rawan Terlibat Kongkalikong saat Urus Gugatan Cerai – Kilasbaca.com

Pengurusan Kasus Perceraian di Pengadilan Agama

Gesekan aparat dengan penggugat sangat rawan menimbulkan kolusi.

Jika ada yang kena OTT ya saya siap mundur. Itu komitmen yang konsisten memperkuat zona bersih korupsi di pengadilan agama.

Kepala Pengadilan Agama Kelas IA Kota Semarang, Anis Fuad saat ditemui di kantornya.

SEMARANG – Kepala Pengadilan Agama Kelas IA Kota Semarang, Anis Fuad mengingatkan kepada para hakim yang bekerja di kantornya untuk mengantisipasi gesekan dengan para pemohon gugatan cerai. Sebab, gesekan antara keduanya berpotensi menimbulkan kolusi alias kongkalikong yang berpotensi memperburuk pelayanan.

“Di wilayah kami tingkat kerawanan KKN cukup tinggi, terutama gesekan aparat dengan penggugat pasti menimbulkan kolusi, kalau anggaran saya jamin tidak ada yang dikorupsi. Makanya jika ada yang kena OTT ya saya siap mundur. Itu komitmen yang konsisten memperkuat zona bersih korupsi di pengadilan agama,” tuturnya kepada metrojateng.com, usai meneken pakta integritas bersama Kejari Semarang di kantornya Jalan Walisongo Ngaliyan, Jumat (25/1/2019).

Ia meminta kepada para hakim agar tidak memersulit layanan gugatan cerai yang diajukan masyarakat setempat. Karena ia menganggap masyarakat mengajukan gugatan kebanyakan terbelit masalah. Sehingga harus dibantu secara maksimal.

“Justru jangan memberatkan mereka,” bebernya.

Untuk memberantas calo-calo yang berseliweran di kantornya, ia sedang menggiatkan sosialisasi dan memasang banner di sejumlah titik keramaian umum. Selain itu, ia memperbanyak pemasangan CCTV sembari memperketat pengawasan dengan mengerahkan semua petugasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Hakim Rawan Terlibat Kongkalikong saat Urus Gugatan Cerai – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.