Hujan Disertai Butiran Es, Pohon Bertumbangan di Magelang – Kilasbaca.com

Pohon pinus yang tumbang, kemungkinan karena hujan deras yang disertai butiran es

MAGELANG – Hujan lebat yang disertai angin kencang, menumbangkan 9 pohon pinus di Dusun Kekoan Desa Pogalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, Sabtu (26/1/2019) sore. Pohon tumbang menutup akses jalan dari Pakis menuju Ketep Sawangan. Hujan bahkan disertai dengan butiran es.

Evakuasi pohon tumbang di Pakis Kabupaten Magelang, Sabtu (26/1/2019). Foto: metrojateng.com/dok BPBD Kabupaten Magelang

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang turun sejak pukul 15.00. Tidak berselang lama, pohon-pohon pinus yang terletak di pinggir jalan ini tumbang. “Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Edi.

Menurutnya, pohon pinus yang tumbang, kemungkinan karena hujan deras yang disertai butiran es, sehingga ada beban yang cukup berat. Kemungkinan lain, pohon sudah rapuh dan mudah tumbang.

Atas kejadian ini, BPBD segera melakukan penanganan dengan menyingkirkan pohon bambu yang tumbang. Pihaknya bersama TRC kecamatan Pakis, relawan dan masyarakat segera memotong pohon yang tumbang.

“Pukul 17.50 penanganan sudah usai dan jalur jalan sudah bisa dilalui kembali,” ujarnya.

Edi mengapresiasi kesigapan dan kesiapan masyarakat yang cepat merespon setiap ada bencana. “Beberapa hari terakhir ini, wilayah Kabupaten magelang dilanda hujan besar,” ucapnya.

Ia mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan mengingat curah hujan cukup tinggi. Apalagi BMKG memperkirakan, dari akhir Januari hingga pertengahan Maret akan terjadi hujan yang cukup besar. (MJ-24)


Artikel yang berjudul “Hujan Disertai Butiran Es, Pohon Bertumbangan di Magelang – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.