Jatah Uang Makan Tahanan dan Napi Membengkak – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah memutuskan untuk menaikan jatah uang makan bagi tahanan dan narapidana yang mendekam di 44 rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di wilayahnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Kemenkumham Jawa Tengah, Heni Yuwono mengungkapkan kenaikan jatah uang makan bagi para tahanan dan narapidana dimaksudkan untuk menyesuaikan harga-hara kebutuhan pokok yang saat ini semakin melambung tinggi.

Heni bilang semula pihaknya mengalokasikan jatah uang makan bagi setiap tahanan maupun narapidana hanya Rp 14 ribu.

“Tetapi mengingat kebutuhan makanan pokok dari tahun ke tahun semakin mahal, maka kami menambah alokasi uang makan bagi mereka. Di tahun ini, alokasinya sebesar Rp 19 ribu per tahanan maupun narapidana,” kata Heni saat berbincang dengan metrojateng.com, Kamis (24/1/2019).

Dengan kondisi tersebut, maka jatah uang makan tahanan dan narapidana pada 2019 naik 20 persen ketimbang kondisi tahun sebelumnya.

Ia mengklaim tak pernah membedakan konsumsi para tahanan dan narapidana yang ditahan di wilayahnya.

Jatah makan mereka, kata Heni, terdiri dari kalori 200 gram. Kemudian setiap sepuluh hari, pengelola lapas dan rutan sudah diinstruksikan rutin mengganti menu yang dihidangkan setiap hari.

Heni mengaku kini jumlah tahanan maupun narapidana yang tersebar di 44 rutan dan lapas mencapai 13.657 orang.

“Kami berharap penyesuaian jatah uang makan bagi mereka bisa memperbaiki kehidupan mereka selama menjalani masa hukumannya. Sekaligus memperbaiki pemberian nutrisi dan minuman bagi penghuni lapas dan rutan,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Kemenkumham Jateng, Dewa Putu Gede menyatakan secara keseluruhan pemerintah pusat mengucurkan alokasi anggaran bagi Kemenkumham RI mencapai Rp 13 triliun.

Dana sebesar itu mayoritas akan digunakan untuk meningkatkan jatah makan penghuni lapas dan rutan seluruh Indonesia, termasuk Jawa Tengah. “Sisanya akan kami pakai untuk anggaran bagi organisasi bantuan hukum (OBH) yang sudah bermitra dengan kami,” tukasnya. (far)

 


Artikel yang berjudul “Jatah Uang Makan Tahanan dan Napi Membengkak – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.