Jelang Imlek, Masuknya WNA Tiongkok ke Pusat Bisnis Diawasi Ketat – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jawa Tengah, Ramli HS memerintahkan semua petugasnya untuk memerketat pengawasan terhadap warga negara Tiongkok yang berpotensi menyusup ke pusat-pusat bisnis. Pengawasan ini dilakukan untuk menyambut perayaan Imlek 5 Februari 2019.

“Kami lihat sebagian besar warga Tiongkok yang datang ke Jawa Tengah ini sifatnya temporeri, mereka biasanya menggunakan visa kunjungan terbatas dalam tempo tertentu. Tetapi ketika Imlek tiba, yang jadi perhatian kami ialah kedatangan mereka ke pusat-pusat dunia usaha, apakah kegiatan yang mereka lakukan sesuai dengan legalitas izin kunjungannya,” kata Ramli kepada metrojateng.com, usai merayakan Hari Bakti Imigrasi di kantornya, Jalan Dr Cipto Semarang Timur, Senin (28/1/2019).

Ia mengaku akan menerjunkan sejumlah petugas untuk mengawasi gerak-gerik warga negara Tiongkok yang sedang berlibur ke Jawa Tengah. Pihaknya akan berkolaborasi dengan timpora untuk memperketat pengawasan. Tak cuma warga Tiongkok. Hal serupa juga dilakukan warga asing lainnya.

Ia mengatakan enam kantor imigrasi di wilayahnya punya Tupoksi masing-masing untuk memonitor keberadaan orang asing di setiap perusahaan maupun dunia usaha kabupaten/kota.

“Akan kami maksimalkan pemantauannya saat Imlek berlangsung. Apalagi enam kantor kami punya wilayah dunia usaha yang berbeda-beda, baik di perusahaan yang mempekerjakan orang asing dari Tiongkok maupun di rumah-rumah penduduk,” tuturnya.

Ia juga meningkatkan pemahaman bagi para istri menjadi sponsor bagi suaminya yang berkewarganegaraan asing supaya menaati aturan. Sebab, petugas tidak segan menindak tegas apabila mereka melanggar aturan izin tinggal di Indonesia.

“Selama 2018 kemarin, upaya kami membuahkan hasil sangat positif. Dari 200 lebih warga asing yang melanggar, jumlahnya bisa ditekan jadi 140 orang,” ujarnya, seraya menambahkan jumlah warga asing yang tinggal di wilayahnya saat ini ada 4.000 orang. Jumlah tersebut menurun ketimbang tahun-tahun sebelumnya. (far)


Artikel yang berjudul “Jelang Imlek, Masuknya WNA Tiongkok ke Pusat Bisnis Diawasi Ketat – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.