Kebut Rekam e-KTP, Petugas ‘Jemput Bola’ ke Rumah Difabel dan Lansia – Kilasbaca.com

surat keterangan pengganti KTPIlustrasi

SEMARANG – Sejumlah petugas kependudukan dan pencatatan sipil tiap kelurahan maupun kecamatan telah diminta menggiatkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) menjelang kontestasi Pemilu 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadescapil) Jateng, Sudaryanto mengaku telah memerintahkan kepada semua petugasnya untuk lebih giat lagi mendatangi rumah-rumah yang dihuni para penyandang disabilitas maupun orang tua lanjut usia (lansia) agar mereka dapat melakukan rekam e-KTP.

“Mereka sudah kami minta jemput bola. Baik dalam kegiatan car free day, ke rumah-rumah difabel dan lansia. Di semua daerah sedang kami giatkan sembari terus upayakan blangkonya agar cepat didistribusikan oleh Kemendagri,” ungkapnya, Jumat (25/1/2019).

Ia menyatakan dari total penduduk Jawa Tengah mencapai 36,1 juta jiwa, pihaknya telah mewajibkan perekaman e-KTP bagi 27 juta jiwa.

Kendati demikian, hingga sekarang yang sudah rekam e-KTP berjumlah 26,8 juta jiwa. Tapi belum melakukan rekam e-KTP sampai saat ini tinggal 201 ribu jiwa.

Ia telah menelisik bahwa warganya yang belum rekam e-KTP kebanyakan telah jadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Tenaga Kerja Wanita (TKW), pindah domisili untuk bekerja di Kalimantan dan sejenisnya.

Ia pun menyoroti daerah-daerah pelosok yang tak kunjung menuntaskan proses rekam e-KTP. Yakni di Kabupaten Brebes terdapat 109 ribu jiwa, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, Banyumas dan Cilacap.

Untuk Kota Solo bisa dibilang hampir menuntaskan rekam e-KTP. “Sedangkan Kabupaten Wonogiri masih menyisakan 3.000 warganya yang belum rekam e-KTP. Di Kota Semarang saat ini sudah relatif cepat merekam e-KTP,” tuturnya.

“Makanya, ketika Pak Ganjar minta target rekam e-KTP satu juta saat Pemilu, itu sudah sangat pas. Kita tinggal upayakan koordinasi dengan Dirjen Kemendagri. Kita minta distribusi 40 ribu blangko e-KTP setiap bulannya. Kita lihat daerah mana saja yang kosong blangkonya,” ujar Sudaryanto. (far)


Artikel yang berjudul “Kebut Rekam e-KTP, Petugas ‘Jemput Bola’ ke Rumah Difabel dan Lansia – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.