Kendal jadi Langganan Banjir, Bupati akan Minta Bantuan Pemprov – Kilasbaca.com

KENDAL – Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal. Bupati Mirna Annisa mengklaim banjir kali ini masih terkendali dan tak separah tahun kemarin. Pemkab Kendal akan meminta bantuan Pemerintah Provinsi Jateng untuk penanggulangan banjir.

Bupati Kendal Mirna Annisa meninjau beberapa titik yang terendam banjir, Senin (28/1/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Hingga Senin (28/1/2019) siang, genangan air masih terlihat di Kelurahan Langenharjo, Kota Kendal. Ketinggian air di depan Koramil 1 Kota Kendal berkisar 40 sampai 50 centimeter. Aktivitas pelayanan di Koramil ini terganggu karena air masuk hingga ke dalam kantor.

Sementara di Perumahan RSS Kelurahan Langenharjo ketinggian air selutut orang dewasa. Warga mengaku air semakin tinggi mengingat perumahan ini berada di paling utara dan menerima luapan air dari wilayah selatan.

Anak-anak terpaksa bolos sekolah dan orangtua tidak berangkat kerja. Aktivitas sehari-hari di dalam rumah juga terganggu karena dapur terendam banjir.

“Untuk kebutuhan makan sehari-hari terpaksa membeli di pasar, sedangkan bantuan dari pemerintah belum sampai ke warga,” ujar Masmadio, warga Langenharjo.

Bupati Kendal Mirna Annisa bersama sejumlah kepala OPD melakukan pemantauan di sejumlah wilayah yang terendam banjir, termasuk melihat kondisi bendungan Trompo dan Juwero. Bupati mengatakan, pemerintah akan mencari solusi penanganan banjir ini.

“Hampir setiap tahun Kota Kendal dilanda banjir. Meski setiap tahunnya mengalami penurunan, namun banjir menjadi ancaman warga di sepanjang Sungai Kendal. Yang pasti tahun ini banjirnya tidak separah tahun lalu,” jelasnya.

Pemkab juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang menangani sungai-sungai besar. Bupati menjelaskan tidak ada titik pengungsian warga yang terdampak banjir. Di setiap desa dan kelurahan yang terkena banjir didirikan dapur umum.

Meski ketinggian air di beberapa titik masih tinggi, di wilayah lainnya air sudah mulai surut. Warga mulai membersihkan sisa lumpur yang mengendap terbawa banjir. (MJ-01)


Artikel yang berjudul “Kendal jadi Langganan Banjir, Bupati akan Minta Bantuan Pemprov – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.