Kerap Kebanjiran, Lapas Pekalongan Bakal Direlokasi ke Lereng Gunung – Kilasbaca.com

Napiter pindahan dari Lapas Pekalongan tiba di Lapas Kendal, Senin (28/5) malam. Foto: edi prayitno

SEMARANG – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah sedang berancang-ancang merelokasi Lapas Pekalongan ke kawasan lereng pegunungan menyusul kondisi bangunannya saat ini sudah tak layak pakai akibat kerap diterpa banjir.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jateng, Heni Yuwono mengatakan telah menyiapkan lokasi relokasi bagi Lapas Pekalongan.

Lokasi yang dituju berada jauh dari tepi pantai dengan ketersediaan luas lahan mencapai 10 hektar.

“Itu lahannya sudah dihibahkan oleh Bupati Pekalongan untuk dibuatkan jadi bangunan baru Lapas Pekalongan. Ya upaya ini jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas lapas yang selama ini memang tidak layak pakai. Apalagi kemarin banjirnya cukup tinggi,” kata Heni kepada metrojateng.com, Senin pagi (28/1/2019).

Ia menjelaskan Lapas Pekalongan nantinya akan dibangun seluas 2 hektar. Di dalamnya bakal dilengkapi ragam fasilitas penunjang. Mulai sarana pelatihan bagi para narapidana, lahan taman, sel tahanan yang lebih luas dan fasilitas pendukung lainnya.

Pihaknya sudah mematangkan relokasi lapas sejak tahun lalu. Peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan Lapas Pekalongan akan dikerjakan pertengahan tahun ini.

“Sudah tahun lalu direncakanan. Tahun ini akan kita mulai bangun lapasnya dekat lereng gunung. Yang pasti itu sudah aman dari banjir. Lokasinya di Kabupaten Pekalongan,” bebernya.

Untuk pemindahan para narapidana Lapas Pekalongan ke lima lapas, ia menyatakan akan rampung hari ini. Masing-masing narapidana akan ditempatkan di satu sel yang dicampur dengan kelompok dari Pekalongan.

Hal tersebut salah satunya akan diberlakukan di Lapas Kelas IA Kedungpane Ngaliyan Semarang.

“Sementara waktu mereka akan ditempatkan satu sel dulu. Kalau banjirnya sudah surut, mereka baru dikembalikan lagi ke Pekalongan,” tandasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Kerap Kebanjiran, Lapas Pekalongan Bakal Direlokasi ke Lereng Gunung – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.