Korupsi PTSL, Kades Dawuhan Dilimpahkan ke Kejari Slawi – Kilasbaca.com

TEGAL – Tim penyidik Unit Tipidkor Satreskrim Polres Tegal akhirnya melimpahkan Kepala Desa Dawuhan, Kecamatan Talang yang berinisial PN, ke Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, Rabu (23/1/2019). PN resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Tim penyidik Unit Tipidkor Satreskrim Polres Tegal melimpahkan berkas kasus pungutan dana Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilakukan Kepala Desa Dawuhan. Foto : metrojateg.com/ adithya

“Hari ini merupakan pelimpahan tahap dua. Dengan perkara tindak pidana penyalahgunaan wewenang berupa pungutan diluar ketentuan dalam Pogram Nasional PTSL,” terang Kasat Reskrim Polres Tegal, AKP Bambang Purnomo kepada wartawan.

Menurut Bambang, pelimpahan tersangka dan barang bukti dilakukan, setelah berkas perkara oleh Jaksa Peneliti dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal telah dinyatakan lengkap atau P-21.

Adapun penyerahan tersangka, berikut dengan barang bukti diterima langsung oleh Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Slawi, Jaksa Muda Ricky Maikado. Nantinya, tersangka akan segera dijadwalkan untuk menjalani sidang perdana.

“Kasus ini mencuat pada saat Program Nasional PTSL diluncurkan pada 2018 lalu. Dimana tersangka, melakukan pengutan kepada warga yang merupakan peserta PTSL. Besaran pungutannya mencapai Rp 2,5 juta,” jelasnya.

Dari hasil pungutan tersebut, lanjut Bambang, ada sebagian uang dari para peserta yang digunakan untuk kepentingan pribadi tersangka. Atas perbuatan, tersangka dijerat Pasal 12 Huruf E UU RI Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001. (MJ-10)


Artikel yang berjudul “Korupsi PTSL, Kades Dawuhan Dilimpahkan ke Kejari Slawi – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.