Lima Petani di Tegal Diserang Lebah, Satu Tewas – Kilasbaca.com

TEGAL – Empat petani asal Dukuh Kalibuntu, Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, dilarikan ke sejumlah rumah sakit, akibat diserang kawanan lebah, Sabtu (26/1/2019) pagi. Satu petani dikabarkan tewas di lokasi kejadian, lantaran tak sempat melarikan diri saat diserang lebah.

Sejumlah warga berkerumun di kediaman Tamat (60), korban tewas akibat diserang kawanan lebah. Foto : metrojateng.com/ adithya

Korban tewas diketahui bernama Tamat (60), warga RT 02/ RW 06 Dukuh Kalibuntu, Desa Tuwel, Kecamatan Bojong. Sementara empat korban luka di antaranya, Jumaroh (50), Ponidi (54), Nursidin (50) dan Imam Mudin.

Kronologi kejadian bermula, saat kelima petani yang masih satu pedukuhan itu mencangkul di sawah Nlok Pandansari, Dukuh Kalibuntu, Desa Tuwel. Tanpa diketahui, terdapat sarang lebah yang dipatuk oleh burung. Sehingga lebah yang berada di dalam sarang keluar dan menyerang para petani.

“Mereka diserang kawanan tawon (lebah-red) jenis Tawongung, yang biasanya hidup berpindah-pindah. Dari pengakuan korban, katanya tiba-tiba diserang saat mencangkul. Kemudian mereka pada lari ketakutan,” ungkap M Munawar, kerabat korban tewas.

Saat diserang, sambung Munawar, kerabatnya tersebut berusaha melarikan diri. Naas, kerabatnya telanjur lemas tak sadarkan diri hingga akhirnya meninggal.

“Tamat mau lari, mungkin niatnya mau menyelamatkan diri ke gubuk. Tetapi dia malah pingsan dan meninggal di situ,” bebernya.

Dengan bersedih, dia melihat jasad saudaranya meninggal dunia dengan penuh bengkak lebam di sekujur tubuhnya. Atas kejadian ini, satu korban yang mengalami luka-luka atas nama Nursidin langsung dilarikan ke RSUD Dr Soeselo Slawi, Kabupaten Tegal.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Tuwel, Imam Sofyan mengungkapkan, korban selamat yang mengalami luka-luka langsung dilarikan ke sejumlah tempat. Ponidi dan Jumaroh dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapatkan pertolongan darurat.

Sedangkan Imam Mudin, lanjut Sekdes, mendapatkan perawatan di rumahnya, karena berhasil menyelamatkan diri dengan bersembunyi di semak-semak.

“Baru pertama kali ada kejadian seperti ini. Tapi, sebelumnya serangan lebah ini memang sering dikeluhlan warga setempat,” tandasnya. (MJ-10)


Artikel yang berjudul “Lima Petani di Tegal Diserang Lebah, Satu Tewas – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.