Ombak Setinggi 4 Meter, Perjalanan Kapal Antar Pulau Masih Lancar – Kilasbaca.com

Foto: Sejumlah penumpang KM Lawit saat menunggu keberangkatan di dalam kapal. (Foto Fariz Fardianto/metrojateng.com)

SEMARANG – Gelombang Laut Jawa yang meninggi sekitar 4 meter belum mempengaruhi aktivitas pelayaran di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Bahkan, perjalanan kapal untuk rute antar pulau dari Semarang menuju Sampit hingga hari ini, Rabu (23/1/2019), masih lancar.

Tavip Priyanto, Manager Operasional Pelni Cabang Semarang menyatakan KM Lawit rute Semarang-Sampit Kalteng saat ini masih melayani pelayaran pulang pergi. Dari dermaga Samudera Tanjung Emas Semarang, KM Lawit pukul 12.00 WIB siang mengangkut 361 penumpang.

“Kapalnya kapasitasnya 900 penumpang. Tetapi kami bawa penumpangnya hari ini 361 orang. Meski cuacanya sedang buruk dengan ketinggian ombak Laut Jawa yang cukup signifikan, kami pastikan aktivitas pelayanan kapal kami tetap lancar dan aman,” kata Tavip kepada metrojateng.com.

Tavip menjelaskan di tengah angin kencang yang tengah melanda pesisir Semarang, petugasnya telah mengimbau kepada seluruh penumpang KM Lawit untuk mengamankan diri dengan masuk ke kapal lebih cepat dari jadwal ditentukan.

Seorang penumpang KM Lawit, Wisno mengaku was-was dengan cuaca buruk yang melanda pesisir Semarang belakangan ini.

Sejauh ini ia masih nyaman naik kapal bersama keluarganya untuk berpergian ke Sampit.

Sedangkan Slamet Wiyono, Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang menyatakan ketinggian gelombang Laut Jawa masih mencapai 2,5 meter sampai 4 meter.

“Adanya fenomena sirkulasi eddy sangat mempengaruhi gelombang Laut Jawa apalagi kecepatan anginnya bertambah kencang sampai 50 knot. Para nelayan dan kapal-kapal besar diharapkan waspada dengan kondisi ini,” tutupnya. (far)


Artikel yang berjudul “Ombak Setinggi 4 Meter, Perjalanan Kapal Antar Pulau Masih Lancar – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.