Polisi Usut Pelaku Teror Pembakaran Mobil di Semarang – Kilasbaca.com

Kapolrestabes Semarang Kombes Abioso Seno Aji. Foto: metrojateng.com/dok

 

SEMARANG – Aksi pembakaran mobil yang belakangan marak terjadi di Kota Semarang menjadi fenomena teror baru bagi masyarakat.

Fenomena teror itu sangat meresahkan. Bahkan telah terjadi belasan kali di berbagai wilayah di Kota Semarang belakangan ini. Pelaku berusaha mengobok-obok wilayah Kota Semarang yang sebelumnya terbilang cukup kondusif.

Terakhir, mobil Daihatsu Ayla berpelat nomor K 9478 ED milik Maura Apriani yang diparkir di depan rumah di Jalan Ciliwung Mlatiharjo, Semarang Timur, Kamis (31/1/2019), pukul 03.45. Mobil tersebut terbakar bagian depannya serta sebagian kaca pecah.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji menghimbau kepada masyarakat agar tidak resah. Petugas Polrestabes Semarang kini tengah menyelidiki kasus tersebut.

“Berikan kesempatan kepada kami untuk melakukan penyelidikan terlebih dahulu, saya imbau masyarakat tidak perlu resah,” ujar Abi, Kamis (31/1/2019).

Dari data yang dihimpun, setidaknya ada 11 tempat kejadian perkara (TKP) upaya pembakaran mobil serta satu pembakaran motor. Beberapa di antaranya yakni di Jalan Puspogiwang pada Jumat (4/1/2019), kemudian di Jalan Irigasi pada Selasa (8/1/2019), di Jalan Gaharu Utara, Banyumanik pada Kamis (10/1/2019) lalu. Serta upaya pembakaran sepeda motor terjadi di Perumahan Beringin Ngaliyan pada Senin (28/1/2019) lalu.

Dari beberapa peristiwa yang terpantau CCTV, modus pelaku yakni melemparkan kain yang dimasukkan ke dalam botol plasik atau plastik yang diberi bahan bakar minyak. Kemudian sembari menunggang sepeda motor pelaku menyalakan dengan api dan melemparkannya ke arah mobil bagian depan dan langsung melarikan diri.

Abi juga mengatakan, dirinya tidak akan berspekulasi terkait pelaku maupun maksud dari para pelaku hingga pihaknya berhasil meringkusnya. “Karena memang kami belum mendapatkan siapa pelakunya. Kemudian apa yang jadi motif serta siapa aktor di balik peristiwa ini, kita belum tahu,” kata Abi.

Abi juga telah mengintensifkan langkah kepolisian dalam meningkatkan keamanan di Kota Semarang. Bukan hanya untuk mengungkap kasus yang meresahkan tersebut, melainkan juga berupaya untuk mencegah agar tak terulang kembali.

Ia juga telah mengingatkan kepada masyarakat melalui ketua RT maupun RW setempat untuk meningkatkan kegiatan pengamanan siskamling. Ia meminta kepada masyarakat untuk menghidupkan kembali poskamling sebagai upaya pencegahan.

Selain itu, Abi juga menyebutkan, peristiwa upaya pembakaran kendaraan ini merupakan fenomena baru di Kota Semarang. Pasalnya, dalam kurun waktu dua tahun masa kepemimpinannya, Kota Semarang sudah diklaim aman.

“Tapi belakangan ini mulai diganggu lagi, ada sebuah permainan baru yang menimbulkan fenomena baru dan secara tidak langsung itu membuat resah masyarakat. Namun saya imbau untuk masyarakat tidak perlu resah karena Polrestabes Semarang tidak akan mundur dalam upaya menjaga keamanan,” pungkas Abi. (fen)

 

 


Artikel yang berjudul “Polisi Usut Pelaku Teror Pembakaran Mobil di Semarang – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.