Puting Beliung di Tegal, Belasan Rumah dan Satu Sekolah Rusak Berat – Kilasbaca.com

TEGAL – Sebuah sekolah dasar dan belasan rumah di Desa Selapura, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, rusak berat diterjang angin puting beliung, Kamis (17/1/2019) sore. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun puluhan warga terpaksa mengungsi ke sejumlah kerabat dan tetangga dekat.

Bangunan sekolah dasar rusak disapu puting beliung yang terjadi di Kabupaten Tegal, Kamis (17/1/2019) sore. Foto: metrojateng.com/dok PMI

Berdasarkan data yang dihimpun metrojateng.com di lapangan, bencana angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Tepatnya, setelah wilayah Kabupaten Tegal diguyur hujan deras sejak siang.

Terjangan angin kencang itu mengakibatkan‎ rumah-rumah warga yang berada di Desa Selapura RT 01 dan 02 RW 03 mengalami kerusakan berat hingga ringan. Kondisi rumah-rumah tampak rusak utamanya di bagian atap.

Staf Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, Muhammad Ilman Arifiana menyebutkan, dari asesment yang dilakukan di lokasi kejadian, tercatat ada 14 rumah yang mengalami kerusakan berat dan ringan. Selain merusak rumah, angin puting beliung juga merusak SDN 02 Selapura.

Bangunan rusak akibat terjangan puting beliung di Kabupaten Tegal, Kamis (17/1/2019). Foto: metrojateng.com/dok PMI

“Rumah yang kondisinya rusak berat ada tujuh unit. Lainnya rusak sedang dan ringan,” kata Ilman, Kamis (17/1) malam.

Tak hanya mengakibatkan kerusakan pada rumah, terjangan angin juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan aliran listrik di wilayah setempat padam.

“Untuk korban jiwa maupun luka nihil (tidak ada),” ujar Ilman.

‎Selain di Desa Selapura, Ilman menyebut adanya laporan angin puting beliung yang terjadi di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru. Namun belum diketahui kerusakan yang ditimbulkan. (MJ-10)


Artikel yang berjudul “Puting Beliung di Tegal, Belasan Rumah dan Satu Sekolah Rusak Berat – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.