Relawan Berjibaku Salurkan Sembako untuk Korban Banjir Kebumen – Kilasbaca.com

KEBUMEN – Warga Dusun Bulusari Kecamatan Puring, Kebumen mulai bisa bernapas lega. Pasalnya, sejumlah bantuan bahan makanan mulai mengalir pasca banjir menerjang rumah-rumah mereka setinggi 1-2 meter.

Bantuan datang dari para relawan Dompet Dhuafa. Para relawan Dompet Dhuafa bahkan terjun langsung ke lokasi terdampak bencana sejak Minggu (20/1/2019) kemarin.

Terdapat 250 paket bahan makanan pokok terdistribusikan ke Desa Madurejo, dan Desa Sidodadi Kecamatan Puring. Di Dusun Bulusari ada ratusan kepala keluarga yang menjadi korban. Sebagian dari mereka nekat bertahan di rumah meski banjir masih merendam kampungnya.

Tapi upaya penyaluran bantuan rupanya tak bisa berjalan mulus. Relawan harus berjibaku turun ke lokasi banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Relawan Dompet Dhuafa pun terpaksa naik perahu karet untuk mengangkut bungkusan sembako.

Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi mengungkapkan penyaluran bantuan logistik membutuhkan waktu lebih lama karena harus dikerjakan bertahap. Di beberapa kampung, ia melihat banjir sudah berangsur surut.

“Sebagian tempat masih terisolasi karena akses jalan yang masih tergenang cukup tinggi. Termasuk Desa Madurejo dan Sidomulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah,” ungkapnya dalam keterangan yang diterima metrojateng.com, Selasa (22/1/2019).

Pihaknya kini sudah membangun sebuah dapur umum untuk menyuplai makanan bagi warga desa setempat.

Hingga kini, ia mendapati masih ada 145 warga Dusun Bulusari, Desa Madurejo, terisolasi akibat jalan utama yang masih kebanjiran.

Jumlah pengungsi kini mencapai 562 jiwa dan ada 16 kecamatan dan 56 desa terdampak.

“Selain posko Dapur Umum yang dirikan dan distribusi logistik tim medis dari LKC Dompet Dhufa Jateng juga hadir untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga terdampak. Tim medis akan berada di wilayah terdampak Senin sampai Rabu besok sehingga warga dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan di tengah kondisi ini,” tandasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Relawan Berjibaku Salurkan Sembako untuk Korban Banjir Kebumen – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.