Resmi Beroperasi, RSGM Soelastri Siap Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan – Kilasbaca.com

SOLO – Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo resmi beroperasi mulai hari ini, Senin (21/1/2019). Rumah sakit milik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut bakal membuka kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

RSGM Soelastri siap bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Foto: metrojateng.com

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dahlan Rais mengatakan, ke depan RSGM Soelastri diharapkan bisa melayani pasien BPJS Kesehatan. Mengingat jumlah pasien BPJS tergolong banyak, selain itu misi dibangunnya rumah sakit tersebut untuk kemanusiaan.

“Jadi kerja sama dengan dengan BPJS itu menguntungkan dua pihak, dan di masyarakat juga menguntungkan dimana dapat perawatan baik dengan biaya yang murah,” ujar Dahlan Rais usai acara.

Pendirian RSGM Soelastri bertujuan untuk wahana pelayanan umum dan fasilitas pendidikan tingkat profesi. Untuk sementara RSGM Soelastri masih tipe C, namun ke depan akan ditingkatkan menjadi tipe B sebagaimana syarat rumah sakit pendidikan.

Meski masuk kategori tipe C, namun RSGM Soelastri dilengkapi fasilitas tipe B. Rumah sakit juga sudah melakukan pelayanan kepada pasien sejak 14 Januari 2019. Tetapi pelayanan masih terbatas untuk pasien umum. Ke depan, tidak menutup kemungkinan pihak rumah sakit akan bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur RSGM Soelastri, dr Noor Hafida Widyastuti menegaskan jika rumah sakit yang berada di Jalan Slamet Riyadi tersebut siap melayani masyarakat setelah izin operasional keluar dari Pemerintah Kota Surakarta.

“Untuk fasilitas bagi pasien BPJS Kesehatan, sejauh ini belum ada mengingat untuk bisa memberikan fasilitas tersebut rumah sakit harus sudah mengantongi akreditasi. Kalau sudah terakresitasi kami akan segera menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan dan perusahaan asuransi yang lain,” jelasnya.

Lebih lanjut, Noor Hafida menambahakn nama Soelastri diambil dari salah satu pendiri UMS pada 1958. Dengan begitu sudah ada tiga tokoh perempuan yang telah diabadikan, yakni Siti Walidah, istri Achmad Dahlan untuk nama gedung Rektorat UMS dan satu tokoh perempuan lagi Hj Sudalmiyah Rais untuk nama masjid.

“RSGM Soelastri merupakan satu-satunya rumah sakit gigi dan mulut di Solo yang dilengkapi peralatan modern,” imbuh Noor Hafida. 

Ditambahkan, rumah sakit ini juga sebagai wahana pendidikan bagi mahasiswa profesi Fakultas Kedokteran UMS. Adapun pelayanan RSGM Soelastri antara lain instalasi gawat darurat dan umum. Selain itu, RSGM juga melayani konservasi gigi, kedokteran gigi anak serta penyakit mulut. (MJ-25)


Artikel yang berjudul “Resmi Beroperasi, RSGM Soelastri Siap Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.