220 Tenaga Kerja Asing Didatangkan Langsung Oleh Perusahaan – Kilasbaca.com

Perizinan Tenaga Kerja Asing (TKA) dilakukan di pemerintah pusat. Sedangkan Disnaker Kabupaten/Kota hanya menerima data saja.

Jateng Banjir tenaga kerja asingIlustrasi

 

SEMARANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Imigrasi Semarang untuk terus memonitor Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kota Semarang. Saat ini ada 220 orang tenaga kerja asing di Kota Semarang.

‘’Itu data jumlah TKA di tahun 2018. Tapi di awal tahun 2019 ini kemungkinan jumlahnya masih sama, tidak banyak berubah,’’ kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Semarag, Iwan Budi Setiawan, Jumat (1/2/2019).

Iwan menerangkan, saat ini perizinan TKA semuanya berada di Pemerintah Pusat. Sedangkan pemerintah kabupaten/kota hanya menerima data TKA yang telah mendapatkan izin dari pusat.

‘’Untuk perizinannya dari Pusat yang terkoneksi dengan Keimigrasian. Kami menerima saja sambil memonitor barang kali ada yang ilegal. Kalau ada yang ilegal hubungannya dengan Keimigrasian. Tapi kami tetap berkoordinasi,’’ ujarnya.

Ia menegaskan, pihaknya belum bisa memastikan ada tidaknya lonjakan tenaga kerja asing di Semarang. Karena yang mendatangkan tenaga kerja asing adalah perusahaan langsung. Sementara perizinannya di Pusat.

‘’Mereka (perusahaan) mau tambah lagi atau tidak, kami kan gak bisa tahu, karena perizinannya juga dari pusat,’’ tegasnya. (duh)

 


Artikel yang berjudul “220 Tenaga Kerja Asing Didatangkan Langsung Oleh Perusahaan – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.