Pesawat Lion Air Batal Terbang Gara-gara Mesin Rusak – Kilasbaca.com

Ilustrasi pesawat Lion Air. (Foto: www.lionair.co.id)

SEMARANG – Pesawat Lion Air JT 0507 membatalkan penerbangannya dari Semarang menuju Cengkareng Jakarta. Akibatnya, para penumpang yang sedianya terbang pukul 13.00 WIB pun harus telantar di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Cheif Heandling Lion Air Cabang Semarang Arie Setiarto beralasan pembatalan penerbangan pada Lion Air JT 0507 dipicu adanya pergantian suku cadang pada pesawat tersebut.

“Karena spare partnya harus diganti, maka pesawat yang harusnya berangkat pukul 13.00 siang tadi, harus dibatalkan terlebih dahulu. Mesti ada perbaikan mesin agar kondisinya dinormalkan kembali,” ujarnya, Senin (11/2/2019).

Ia mengaku telah mengarahkan para penumpang Lion Air kepada berbagai layanan. Mulai mengembalikan tiketnya (refund) ke loket yang tersedia di bandara. Maupun berganti naik Batik Air yang masih dioperasikan satu perusahaan dengan Lion.

Namun, ia menerangkan jika dua hal itu tak bisa ditempuh lantaran situasi yang terburu-buru, penumpang Lion bisa beralih naik moda transportasi lainnya.

“Bisa ganti naik bus atau kereta kalau memang buru-buru. Tapi kami sudah ngasih kompensasi kepada penumpang yang batal berangkat dengan mengembalikan tiketnya atau ganti naik Batik. Upaya-upaya tersebut sudah kami tempuh sesuai aturan yang diberlakukan oleh Kemenhub,” bebernya.

Sementara itu, PTS General Manager PT Angkasa Pura I, Agus Sina mengungkapkan bila situasi Bandara Ahmad Yani kini masih kondusif.

Menurutnya penumpang pesawat Lion telah kembali ke ruang tunggu. Pihaknya sudah mengarahkan mereka untuk menantikan perbaikan pesawat sampai diberangkatkan kembali pada pukul 18:30 WIB.

“Pihak AP I berkoordinasi dengan maskapai agar dapat mengupdate keberangkatan pesawat tersebut melalui FIDS (Flight Information Display System),” katanya.

Selain itu, para petugas Terminal Inspector dan Customer Service turut  berkoordinasi dengan maskapai dan mengarahkan penumpang jika ingin pindah penerbangan ke maskapai lain. Atau memilih melalukan refund.

“Selain itu juga petugas membantu pihak maskapai untuk membagikan snack kepada penumpang,” tandasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Pesawat Lion Air Batal Terbang Gara-gara Mesin Rusak – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.