Prof Sudharto Bakal Jadi Panelis Debat Kandidat Capres – Kilasbaca.com

Sudharto P Hadi saat ditemui wartawan di ruang kerjanya. (Fariz Fardianto/metrojateng.com)

SEMARANG – Masalah lingkungan hidup yang berkaitan dengan infrastruktur dan ketahanan energi bakal menjadi tema utama dalam ajang debat kandidat presiden yang akan dihelat 7 Februari 2019 mendatang.

Untuk menyukseskan debat kedua kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memasang delapan nama untuk dijadikan panelis. Salah satunya terselip nama seorang guru besar Undip Semarang, Prof Sudharto P Hadi.

Saat ditemui di ruang kerjanya, kantor administrasi bisnis Lantai 2 Gedung Fisip Undip Tembalang, Sudharto mengaku tak menyangka dipercaya menjadi panelis debat capres tahap kedua.

“Sudah dihubungi oleh KPU seminggu lalu. Sempat kaget mengingat saya yang sudah menginjak usia 64 tahun ini masih dipercaya jadi salah satu calon panelis. Tapi juga senang karena ini bidang yang saya geluti,” kata guru besar bidang manajemen lingkungan tersebut, Jumat (1/2/2019).

Ia mengaku tak melakukan persiapan khusus untuk menjadi panelis debat Capres yang kedua tersebut.

Ia hanya sekedar memersiapkan batin dan meluangkan waktu meminta masukan kepada para koleganya untuk dijadikan pertimbangan materi dalam debat capres tersebut.

Sejumlah koleganya mulai para tokoh masyarakat serta dosen-dosen yang selama ini bergerak di bidang lingkungan hidup.

“Tentunya pihak-pihak terkait akan saya mintai masukan tentang permasalahan lingkungan yang berkembang di negara ini. Mulai dosen hingga tokoh masyarakat yang bergiat di bidang lingkungan,” katanya.

Kendati demikian, ia menyatakan tak bisa membeberkan secara gamblang ihwal isi materi debat Capres 7 Februari nanti. Sebab, ia dan ketujuh panelis akan diwajibkan meneken pakta integritas untuk menjaga kerahasiaan isi materi debat capres.

“Harus ada hitam di atas putih dan diminta meneken pakta integritas. Makanya saya tidak bisa membocorkan apa saja isu krusial yang akan disampaikan dalam debat,” ujar mantan rektor Undip ini.

Kesediaannya jadi panelis juga dilatarbelakangi pekerjaannya selama ini sebagai ahli lingkungan hidup. Terlebih lagi, ini bukanlah yang pertama kali baginya. Ia mulai dipercaya menjadi panelis sejak lima tahun lalu tepatnya ketika Pilpres 2014 berlangsung.

Bedanya, katanya ketika 2014 silam debat capres mengusung tema energi pangan dan lingkungan dengan sembilan panelis. “Kalau sekarang kan temanya lebih luas lagi yaitu energi, pangan, lingkungan dan infrastruktur. Pastinya suasananya lebih greng, tambah hangat karena yang ikut debat head to head cuma dua capresnya saja,” tuturnya.

Ia mengatakan sedang menyiapkan materi pertanyaan untuk debat beberapa hari ke depan. Kali ini, ia belum tahu apakah nantinya dikarantina seperti ajang debat Capres 2014 atau tidak. “Yang jelas durasi debatnya sekarang satu jam 90 menit. Jadi panelis itu gampang, kami kan hanya di belakang layar. Banyak-banyak senyum aja buat hilangkan stres. Paling berat itu kalau jadi moderator,” tutupnya. (far)


Artikel yang berjudul “Prof Sudharto Bakal Jadi Panelis Debat Kandidat Capres – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.