Satu Warga Kendal Meninggal Diduga Kena Demam Berdarah – Kilasbaca.com

KENDAL – Demam berdarah dengue (DBD) merenggut nyawa seorang warga Kelurahan Kalibuntu Kecamatan Kota Kendal Kabupaten Kendal. Korban, Gilang Ramadhan (21) meninggal dunia setelah dua hari dirawat di RS Tugu Kota Semarang.

Jenazah Gilang Ramadhan disemayamkan di rumah duka. Pemuda 21 tahun itu diduga meninggal karena terkena demam berdarah. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Gilang Ramadhan meninggal dunia pada Selasa (12/2/2019) pagi. Gilang diduga meninggal akibat demam berdarah, meski masih akan diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui pasti penyebabnya.

Orangtua korban, Abdul Gani mengungkapkan gejala awal anaknya mengalami panas dingin. Gilang dibawa ke Rumah Sakit Darul Istiqomah Kaliwungu untuk mendapat perawatan.

“Hasil laboratorium rumah sakit menunjukan, Gilang terkena DBD. Kondisinya terus melemah hingga dokter menyarankan untuk dirujuk ke rumah sakit di Semarang,” jelasnya.

Ibu korban, Mahmudah mengatakan, hasil pemeriksaan awal anaknya didiagnosis mengalami gejala demam berdarah. “Waktu menjalani perawatan butuh transfusi darah namun membutuhkan cukup banyak hingga akhirnya nyawanya tidak bisa diselamatkan. Hasil pemeriksaan ulang oleh dokter, selain gejala demam berdarah diduga terkena leptospirosis,” kata Mahmudah.

Pengasapan atau fogging dilakukan di Kampung Sabranglor, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Selasa (12/2/2019). Kegiatan ini diinisiasi DPD Partai Perindo Kendal untuk menekan kasus DBD. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Kendal, Muntoha dihubungi terpisah membenarkan warganya yang meninggal diduga karena demam berdarah. Namun hasil pemeriksaan diduga ada dua penyakit yang sekaligus menyerang Gilang Ramadhan.

“Selain demam berdarah, korban juga terserang virus leptoperosis sehingga kondisi tubuhnya semakin menurun hingga akhirnya meninggal dunia,” kata Muntoha.

Dari data sementara yang dihimpun Dinas Kesehatan ada 18 kasus demam berdarah di Kendal dan tersebar hampir di seluruh kecamatan. Wilayah yang menjadi endemis yakni kecamatan Brangsong dan Sukorejo. (MJ-01)


Artikel yang berjudul “Satu Warga Kendal Meninggal Diduga Kena Demam Berdarah – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.