Sopir dan Mekanik Truk Dapat Pelatihan Operasional Mesin Euro 4 – Kilasbaca.com

SEMARANG – Pemerintah segera mewajibkan pengusaha truk menggunakan kendaraan bermesin Euro 4 dengan teknologi commonrail. Kondisi itu mendorong Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Tanjung Emas Semarang melatih sopir dan mekanik untuk dapat mengoperasikan armada berteknologi baru itu dengan menggandeng Isuzu Astra. 

Ketua DPD Aptrindo Tanjung Emas Semarang Supriyono didampingi Kepala Bengkel Astra International-Isuzu Semarang Majapahit, Khomaidi memberi penjelasan kepada para sopir truk tentang mesin Euro 4 pada acara pelatihan untuk sopir dan mekanik di diler Isuzu Semarang, Senin (11/2/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Ketua DPD Aptrindo Tanjung Emas Semarang, Supriyono mengatakan, selama ini kendaraan berat yang dipakai pengusaha transportasi di Indonesia, masih menggunakan mesin Euro 2 atau memakai mesin diesel konvensional dan menggunakan boschpom. Sedangkan mesin Euro 4 yang akan diterapkan di Indonesia, menggunakan mekanisme kerja commonrail.

“Meskipun penerapan mesin Euro 4 masih menunggu kebijakan dari pemerintah, tapi kami ingin sopir wajib untuk mengetahui cara kerja dan perawatannya,” ungkapnya saat membuka pelatihan di diler Isuzu Semarang, Senin (11/2/2019).

Para sopir yang memang sehari-hari menjalankan kendaraan tersebut setidaknya bisa mengetahui dan tahu bagaimana perawatan kendaraan bermesin commonrail.

“Soal merawat kendaraan, sopir yang harus tahu karena sebagian besar waktu mereka bersama armada tersebut. Begitupun bagi mekanik yang selama ini hanya tahu mesin manual atau konvensional, mereka perlu tahu teknologi terbaru mesin Euro 4,” katanya.

Maka itu, lanjut dia, kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan dan diselenggarakan minimal enam bulan sekali untuk meningkatkan kemampuan sopir.

Sementara itu, Kepala Bengkel Astra International-Isuzu Semarang Majapahit, Khomaidi menambahkan, dengan adanya pelatihan bagi sopir dan mekanik truk ini akan meningkatkan kemampuan mereka dalam berkendara maupun saat perawatan ringan di jalan. Sebab, sangat penting bagi sopir truk untuk mengetahui karakter bagi kendaraan yang dibawanya.

“Ya, paling tidak diberi tahu kisi-kisi sebatas sopir yang ketahui, kan tidak mungkin bisa sampai tahu dalam-dalamnya. Paling tidak dia bisa ngecek hariannya, dan bisa ngecek gejala-gejala  yang tidak normal apabila ada kerusakan. Sehingga, bisa segera diinformasikan kepada pihak terkait,” katanya. (ang)


Artikel yang berjudul “Sopir dan Mekanik Truk Dapat Pelatihan Operasional Mesin Euro 4 – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.