Terbakarnya Kapal Panorama Nusantara Diduga Dipicu Panas saat Penggantian Plat – Kilasbaca.com

Proses pemadaman yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dibantu dengan dua unit kapal tunda milik Pelindo III. (Ahmad Khoirul Asyhar/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Api yang membakar kapal Panorama Nusantara di galangan PT Janata Marina Indah (JMI) kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siang tadi diduga dari panas akibat replating atau penggantian plat kapal. Kapal milik PT Prima Vista tersebut diketahui memang sedang perbaikan plat pada dek kapal bagian atas.

“Penyebabnya itu panas akibat dari replating. Jadi ada penggantian plat pada dek atas, kemudian di bawahnya ada plafon. Penyebabnya di situ, dari pekerja, ada pengelasan juga,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang, Ahmad Wahid, di lokasi kejadian, Senin (18/2/2019).

Wahid menjelaskan kebakaran kapal tersebut terjadi sekitar pukul 11.30. Api terlihat pertama kali di gladak kapal bagian atas. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut lantaran saat itu jam istirahat kerja.

“Di Gladak bagian atas, tidak ada korban,” jelasnya.

Sementara proses pemadaman berlangsung cukup lama karena tiupan angin kencang dan kobaran api berada di dalam ruangan kapal. Pemadaman dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dibantu dengan dua unit kapal tunda milik Pelindo III.

“Setelah ada informasi kebakaran, saya langsung perintahkan anggota untuk lakukan pemadaman secepatnya. Berkoordinasi dengan pemadam kebakaran, Polsek, dan tadi ada juga kapal tunda dari Pelindo III,” paparnya.

Petugas saat ini masih di lokasi kejadian. Api yang membakar kapal sudah padam dan tahap pendinginan. “Sekarang sudah pendinginan. Api sudah padam dan tinggal pendinginan. Plat masih panas sehingga dalam pendinginan masih menimbulkan asap,” pungkas Wahid. (aka)

 


Artikel yang berjudul “Terbakarnya Kapal Panorama Nusantara Diduga Dipicu Panas saat Penggantian Plat – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.