Didesak Beberkan Rincian Dana Apel, Kesbangpol Siap Diperiksa BPK dan KPK – Kilasbaca.com

Apel Kebangsaan. (istimewa)

 

SEMARANG – Para pengacara yang tergabung dalam Advokat Bela Keadilan (ABEKA) mendesak Kesbangpolinmas Jawa Tengah untuk membeberkan rincian dana yang digunakan untuk apel kebangsaan di Simpang Lima pekan lalu. Seperti diketahui, dana yang dipakai Rp 18 miliar.

Hari ini, Rabu (20/3/2019), pihak ABEKA sudah berkirim surat ke Kesbangpol untuk meminta data dana apel kebangsaan.

“Hari ini, kami dari ABEKA kirim surat ke Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah minta informasi perincian penggunaan dana APBD untuk apel kebangsaan,” kata Listyani, selaku Sekretaris ABEKA Jateng dalam pesan singkatnya kepada metrojateng.com.

Ia mengaku akan mempelajari dana Rp 18 miliar yang dipakai untuk apel kebangsaan. Perincian dana yang sebenarnya, kata dia, harus ia dapatkan supaya tahu gamblang berapa alokasi yang dipakai, untuk apa saja dan proses tendernya seperti apa.

Proses konfirmasi ke Kesbangpol ia anggap penting dilakukan supaya bisa kroscek langsung. Sehingga dapat data valid yang dibutuhkan sebagai transparansi publik.

“Walau kami sudah punya data-data, tapi kami juga ingin jawaban resmi dari Kesbangpol,” tegasnya.

Jika setelah dipelajari terdapat penyimpangan anggaran, ia mengaku akan melaporkannya kepada KPK. “Pelaporan ke KPK menunggu datanya diberikan oleh Kesbangpol,” tambahnya.

Achmad Rofai, Kepala Kesbangpolinmas Jawa Tengah, mengklaim berani mempertanggungjawabkan pemakaian dana Rp 18 miliar untuk apel kebangsaan.

“Kami tidak takut sama orang, hanya Allah yang kami takuti. Serupiah pun saya berani mempertanggungjawabankannya. Itu kan sudah disoroti masyarakat. Ya tidak perlu kami tutupi,” paparnya.

Pihaknya juga siap memberikan rincian dana apel kebangsaan kepada lembaga yang membutuhkan. Termasuk jika diperiksa oleh Inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rifai menyatakan kesiapannya.

“Kegiatan itu kan tahapannya jelas. Itu masuk anggaran APBD 2019. Penetapannya 2018 dan Januari kemarin sudah mulai eksekusi. Walaupun diperiksa KPK, saya siap-siap aja. Wong tidak ada penyimpangan. Karena kegiatannya akuntabel, jujur dan transparan. Kami akan berikan penjelasan sejujurnya dan sejelasnya,” tandasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Didesak Beberkan Rincian Dana Apel, Kesbangpol Siap Diperiksa BPK dan KPK – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.