Ditemukan 19 Warga Negara Asing Masuk Daftar Pemilih Tetap – Kilasbaca.com

Tampak depan Kantor Bawaslu Jateng di Jalan Papandayan, Gajahmungkur Semarang. (Fariz Fardianto/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah telah menemukan 19 warga negara asing yang masuk dalam daftar pemilih tetap dalam kontestasi Pemilu 2019.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Tengah, Anik Sholihatun mengungkapkan kesembilan belas WNA itu tersebar di sembilan kabupaten di Jawa Tengah.

“Dari data pengawasan yang kami peroleh saat ini, sudah ada 19 WNA ditemukan masuk dalam DPT. Sebarannya ada di Kota Tegal, Kota Magelang, Salatiga, Solo, Kabupaten Sragen, Banyumas, Purworejo, Batang dan Purbalingga,” ungkap Anik ketika dikontak metrojateng.com, Jumat (8/3/2019).

Ia menyatakan kemungkinan besar jumlah WNA yang masuk DPT, saat ini masih bisa bertambah. Lebih jauh Anik menjelaskan temuan itu ia peroleh dari hasil penelurusan sendiri yang dilakukan petugasnya tiap kabupaten/kota.

Pihaknya masih mengumpulkan data-data pengawasan hingga beberapa hari ke depan. Ditambah informasi yang didapat dari Dispermadescapil Jawa Tengah.

Dari hasil koordinasi dengan Dispermades, saat ini ada 127 WNA yang sudah melakukan rekam e-KTP. Namun tak semuanya sudah dapat e-KTP. Laporan yang ia terima dari Dispermades, sebagian sudah menerima e-KTP. Sedangkan sisanya masih menunggu diproses.

“Ada yang terbit e-KTP-nya. Ada yang belum. Kemudian kami lakukan penelusuran. Kami sedang menunggu surat jawaban dari Dispermades untuk mengirimkan data by name by addres, jumlah WNA yang punya e-KTP. Ini masih sangat bisa berubah. Karena per hari ini, penelusuran yang kami lakukan masih terus berjalan. Mungkin jawaban by name by addres yang disampaikan Dispermades nanti akan ditelusuri langsung ke lapangan,” kata Anik.

Ia mengungkapkan atas temuan tersebut, pihaknya telah merekomendasikan kepada KPU Jateng untuk segera mencoret 19 nama WNA yang terlanjur masuk DPT.

Sebab, kesalahan memasukan DPT akan mempengaruhi mekanisme pemutahiran data pemilih untuk mendukung kelancaran coblosan Pemilu pada 17 April nanti. (far)

 


Artikel yang berjudul “Ditemukan 19 Warga Negara Asing Masuk Daftar Pemilih Tetap – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.