Gunakan Uang Zakat, Rehab 105 Rumah Tidak Layak Huni – Kilasbaca.com

Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara bersama Dandim 0733/BS Letkol Zubaedi menandatangani naskah kerjasama membentuk UPZ dan melakukan kegiatan rehab RTLH. (metrojateng.com)

 

SEMARANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang bekerjasama dengan Kodim 0733/BS akan melakukan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH). Sebanyak 105 unit rumah akan direhab selama tahun ini.

‘’Jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 70 unit. Nilai anggaran untuk per unitnya juga bertambah dari Rp12,5 juta menjadi Rp14 juta,’’ kata Ketua Baznas Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara, Minggu (10/3/2019).

Arnaz mengungkapkan, seiring dengan meningkatnya capaian pengumpulan zakat di tahun 2018 menjadi sebesar Rp 6 miliar, maka cakupan penerima rehab rumah dan nominalnya juga ditambah.

Dia menegaskan kerjasama dengan Kodim ini akan memberikan manfaat positif bagi penerima bantuan. Selama ini kegiatan ini telah disambut baik oleh masyarakat, bahkan dinilai layak ditiru oleh pihak lainnya yang ingin melakukan kegiatan serupa yaitu rehab rumah tidak layak huni.

‘’Selain dengan Kodim, kami juga bekerjasama dengan stakeholders lain seperti Polrestabes, MIKSemar, Lindu Aji, Gapensi dan masih banyak lagi,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, Arnaz mengungkapkan target pengumpulan zakat, infak dan sedekah di tahun 2019 ini adalah mencapai Rp 8 miliar. Dengan kesadaran warga yang semakin meningkat untuk membayar zakat melalui Baznas, dia optimis target tersebut akan tercapai.

‘’Untuk itu, kami juga akan membuka UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) di Kodim 0733/BS sebagai salah satu tulangpunggung unit pengumpul zakat di Baznas, selain di lingkup Pemkot Semarang,’’ ungkapnya.

Harapannya, ke depan Baznas tidak hanya bisa memperbaiki rumah tidak layak huni. Namun dengan zakat yang terkumpul juga bisa membantu memberikan pelatihan ekonomi bagi warga, sehingga penghasilan dan kesejahteraan mereka meningkat.

Sementara Dandim 0733/BS Letkol Zubaedi mengatakan, sangat berharap kerjasama dapat ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya. Selain menunjukkan kedekatan dengan rakyat, TNI juga ingin memberikan bakti kepada warga. (duh)


Artikel yang berjudul “Gunakan Uang Zakat, Rehab 105 Rumah Tidak Layak Huni – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.