Hapus Stigma Negatif, Petugas Puskesmas Sambangi Anak-anak Penderita ODHA – Kilasbaca.com

Sejumlah bayi saat ditimbang badan di balai RW XIII, Tandang Tembalang. (Fariz Fardianto/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Pengelola Puskesmas Kedungmundu menyambangi penderita ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS). Kali ini bayi di bawah lima tahun (Balita) penderita HIV diberikan layanan kesehatan gratis setiap akhir pekan.

Bertempat di Balai RW XIII, Jalan Kaba Timur Dalam, Tandang, Tembalang, sejumlah perawat tengah memantau berat badan para balita yang dinyatakan positif mengidap virus tersebut.

Yekrita Sihotang, Petugas Promkes Puskesmas Kedungmundu mengatakan secara rutin memantau bobot balita setiap pekannya.

“Kami pantau kesehatan anak-anak tersebut, kalau ada keluhan akan dirujuk ke rumah sakit,” katanya, saat ditemui di sela timbang badan, di Balai RW XIII.

Ia mengaku layanan kesehatan yang diberikan kepada anak ODHA dimanfaatkan untuk menghapus stigma yang selama ini melekat pada diri mereka.

Di Kampung Kaba Timur Dalam, ia juga melihat masyarakat setempat sukarela menerima keberadaan mereka tanpa harus menghindari anak yang positif terinfeksi HIV.

“Kami tidak pernah membeda-bedakan pengobatan bagi mereka, tidak ada stigma untuk mengajari warga supaya jangan menghindari anak-anak dengan penderita HIV,” katanya.

Sedangkan Hastuti Indriyani, petugas Posyandu Melati 1 RW XIII Kaba Timur Dalam mengaku ada lima anak HIV yang sering diberi layanan kesehatan di wilayahnya.

Mereka kebanyakan berasal dari panti singgah milik Yayasan Rumah Aira yang terletak di dalam kampungnya.

“Kami buat anak anak HIV tidak ada yang berbeda dengan lainnya. Kalau untuk imunisasinya memang harus dikonsultasikan dengan dokter RSUP Dr Kariadi. Agar obat yang diberikan tetap membuat kesehatan mereka tetap stabil,” ujarnya.

Posyandunya selama ini juga rutin menggelar pertemuan dengan para ibu setempat untuk memberikan penyuluhan tentang program-program kesehatan bagi anak-anak.

Untuk kegiatan timbang badan hari ini, diikuti belasan balita. “Sabtu pertama untuk layanan posyandu lansia dan kedua posyandu balita. Untuk layanan buat bayi yang kena HIV, kami tidak membedakan. Penyuluhan dan pemberian vitamin terus dilakukan. Masyarakat menerima mereka dan tidak ada masalah, mereka sama dengan kami,” tuturnya. (far)

 

 

 


Artikel yang berjudul “Hapus Stigma Negatif, Petugas Puskesmas Sambangi Anak-anak Penderita ODHA – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.