Impor Bawang Putih Justru Merusak Elektabilitas Jokowi – Kilasbaca.com

Kenaikan harga bawangIlustrasi. 

SEMARANG – Kebijakan impor bawang putih dianggap tidak akan menguntungkan Presiden Jokowi yang saat ini kembali maju di Pilpres 2019.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai impor bawang putih malah beresiko menurunkan elektabilitas Jokowi yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

Ia berpendapat bahwa impor bawang putih menjadi momok menakutkan bagi para petani lokal. Kebijakan ini tidak populis, bahkan bisa memantik kekecewaan para petani di daerah penghasil bawang putih.

Ujang menengarai bukan tidak mungkin kekecewaan petani bisa berimbas pada elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf.

“Apalagi, petani adalah salah satu basis dukungan untuk Jokowi,” paparnya.

Basis pemilih Jokowi-Ma’ruf selama ini dominan dari kalangan menengah ke bawah seperti petani. Ia menyarankan pemerintah jangan melakukan kebijakan salah kaprah jelang pemilu karena akan berisiko menurunkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf.

Hampir sebagian pemilih Jokowi adalah petani yang butuh diayomi, dirawat serta bila perlu diuntungkan oleh kebijakannya.

Kalau dirugikan ini akan berpotensi berbalik arah dan tentunya juga akan merugikan. “Ingat ini basis massa Jokowi, maka harus dijaga, jangan membuat kebijakan yang merugikan,” tegas Ujang.

Di tempat terpisah, Anggota Komisi IV DPR RI, Darori Wonodipuro mendesak pemerintah menganulir penugasan Bulog untuk impor 100 ribu ton bawang putih. Impor, menurutnya berpotensi membuka peluang Bulog melakukan monopoli. Pemerintah sebaiknya memberikan kuota kepada perusahaan swasta agar terhindar dari monopoli.

“Kalau begini, dapat menciptakan persaingan usaha yang tidak sehat,” katanya.

Ia khawatir penunjukkan Bulog malah merugikan petani lokal. Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasludin menambahkan impor bawang tanpa kewajiban tanam telah melanggar Permentan nomor 38 tahun 2017 juncto 24 tahun 2018.

“Melanggar dong. Ngapain dibuat peraturan kalau pada akhirnya itu dilanggar sendiri. Berarti kita tidak konsisten terhadap aturan yang ada,” pungkasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Impor Bawang Putih Justru Merusak Elektabilitas Jokowi – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.