Kawanan Monyet Turun Gunung Bikin Resah Warga Tiyaran – Kilasbaca.com

Kawanan monyet tersebut turun ke permukiman warga karena lokasi yang selama ini dijadikan tempat mencari makan, sedang kosong.

SUKOHARJO – Warga Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo resah dengan adanya kawanan monyet. Pasalnya primata tersebut menyerang dan merusak tanaman milik warga.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi meninjau lokasi yang menjadi sasaran serangan monyet ekor panjang. Foto: metrojateng.com

“Setiap kali turun ke desa jumlah kawanan monyet mencapai puluhan. Mereka mengobrak-abrik tanaman yang ditanam oleh warga,” kata Kepala Desa Tiyaran, Sunardi, Sabtu (16/3/2019).

Kawanan monyet menyerang tanaman palawija seperti kacang, ketela pohon dan lainnya. Warga tidak bisa berbuat banyak karena monyet-monyet itu sudah tidak takut lagi jika hanya diusir dengan tangan kosong.

“Karena itu saat ini banyak warga yang mengusir dengan senapan angin,” imbuh Sunardi.

Sunardi menduga kawanan monyet tersebut turun ke permukiman warga karena lokasi yang selama ini dijadikan tempat mencari makan, sedang kosong. Hal ini terjadi karena musim hujan disertai angin yang mengakibatkan banyak pohon di atas bukit ambruk.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi turun langsung dan melihat kondisi di Desa Tiyaran. Kapolres mendatangi dua dukuh yang menjadi sasaran kawanan kera yaitu Dukuh Jatirejo RT 003 RW 009 dan Dukuh Kerten RT 002 RW 007.

“Hasil komunikasi dengan warga, serangan monyet merajalela dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Ini meresahkan masyarakat,” kata Iwan.

Menurut dia, diperlukan langkah-langkah untuk menyelesaikan persoalan kera yang turun gunung tersebut. Salah satunya dengan mendatangkan Suku Badui dari Banten untuk melakukan penangkapan. Selain itu, warga juga bisa mengarahkan petugas untuk mengusir monyet liar. (MJ-28)


Artikel yang berjudul “Kawanan Monyet Turun Gunung Bikin Resah Warga Tiyaran – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.