Mendekati Coblosan, Pengelola RS Siapkan Obat Khusus Caleg Depresi – Kilasbaca.com

 

Ilustrasi. Ruangan khusus pasien gangguan jiwa di RSUD Soewondo Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

 

SEMARANG – Sejumlah pengelola rumah sakit di Kota Semarang mulai ancang-ancang menyiapkan layanan khusus bagi para calon legislatif yang mengalami depresi karena kalah dalam bursa Pemilu 2019.

RSUD KRMT Wongsonegoro misalnya, sudah memberikan arahan bagi paramedis setempat untuk bersiaga menghadapi masa pencoblosan 17 April nanti.

“Kami punya dua psikolog dan seorang dokter spesialis kejiwaan yang selalu standby melayani siapapun yang datang untuk memeriksakan kesehatan mentalnya. Jam operasional mereka pas Pemilu diterapkan 24 jam non stop,” ungkap Wiwik Dwi Pristiwati, Kabag Humas RSUD KRMT Wongsonegoro, saat dikontak metrojateng.com, Jumat (22/3/2019).

Ia mengatakan rumah sakitnya juga menyiapkan layanan memadai di UGD. Sehingga, ketika ada caleg maupun tokoh politik yang ingin memeriksakan kejiwaannya, akan diarahkan terlebih dulu ke UGD untuk diperiksa tingkat gangguan mentalnya.

Kemudian, kata dia, diarahkan ke dokter jiwa maupun psikolog masing-masing. Ia mengaku kesiapsiagaan itu penting dilakukan mengingat kontestasi Pemilu nanti perebutan suara antar caleg maupun parpol semakin ketat.

Lebih jauh lagi, ia menekankan pihak rumah sakit juga telah menyiapkan resep obat khusus untuk menanggulangi gangguan jiwa para caleg yang depresi akibat keok dalam Pemilu.

“Resep obatnya sudah kami sediakan, tapi jenisnya ada berapa, masih dikaji oleh wakil direktur rumah sakit. Yang pasti kami siap melayani siapapun yang mau berobat,” terang Pristi.

Meski begitu, pihaknya memastikan tak ada layanan bangsal khusus untuk rawat inap bagi caleg depresi. Layanan diberikan kepada mereka, berupa rawat jalan disesuaikan dengan tingkat gangguan jiwa yang diderita setiap caleg.

“Tidak ada bangsal khusus buat nginap mereka. Kami sebatas berikan layanan rawat jalan dengan memberikan resep sesuai diagnosa dokter kejiwaan,” urainya.

Sedangkan, Probowatie Condronegoro, Humas RS Elisabet mengungkapkan, rumah sakitnya sejauh ini tidak menyediakan layanan apapun bagi caleg yang menderita depresi. Pelayanan tetap normal. Termasuk operasional layanan psikologi yang dibuka setiap hari. (far)


Artikel yang berjudul “Mendekati Coblosan, Pengelola RS Siapkan Obat Khusus Caleg Depresi – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.