Mengapa Melon Basket Jadi Varietas Unggul? Ini Penjelasan Rusdiana – Kilasbaca.com

Melon basket budidaya para petani di Green House Agro Purwosari, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang yang dipanen pada Jumat (8/3/2019). (Masrukhin Abduh/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Melon basket budidaya para petani di Green House Agro Purwosari, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang yang dipanen pada Jumat (8/3/2019) dinilai memiliki keunggulan dibanding melon biasa.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Wahyu Permata Rusdiana mengungkapkan, melon basket yang bahasa latinnya cucumis melo ini merupakan varietas unggul Rangipo. Pada panen kali ini terdapat sebanyak 384 tanaman buah melon basket.

Salah keunggulannya, jenis melon ini memiliki masa tanam hanya 90 hari bisa panen. “Rasanya lebih kenyal, manis dan tidak mlenyeh atau mudah busuk. Warnanya menarik, jadi itu kenapa kami kembangkan di sini,’’ kata Rusdiana, saat mendampingi Wali Kota Semarang panen melon basket di Agro Purwosari.

Dari sisi harga, Rusdiana menambahkan jenis melon ini juga lebih kompetitif yaitu Rp 15 ribu – Rp 20 ribu per kilogram. Daripada melon biasa yang per kilogramnya dijual antara Rp 8 ribu – Rp 10 ribu.

‘’Satu buahnya itu bisa mencapai berat 1,5 kilogram sampai 2 kilogram, jadi kalau 2 kilogram bisa mencapai Rp 30 ribu. Harganya sangat istimewa,’’ jelasnya.

Sementara itu, Rusdiana menyebutkan pembiayaan untuk budidaya tanaman buah melon ini hanya sekitar Rp 1,9 juta – Rp 2 jutaan. Selain itu dengan usia hanya 90 hari, keuntungan bertani melon basket yang bisa diraup lebih besar dibanding menanam melon biasa.

‘’Misalnya dijual dengan rata-rata per kilonya Rp 15 ribu, maka keuntungannya kurang lebih Rp 4 jutaan. Panen kali ini terdapat 310 hingga 315 butir, jadi hasil jualnya kurang lebih Rp 6,3 juta. Jadi kalau dikurangi biaya, ya sekitar Rp 4 juta lebih keuntungannya,’’ terang Rusdiana.

Namun sayangnya, Rusdiana mengatakan bibit tanaman melon basket ini masih harus diimport dari Cina. Ke depan pihaknya masih berupaya agar dapat mengembangkan pembibitan sendiri di Green House Agro Purwosari Kecamatan Mijen. (duh)


Artikel yang berjudul “Mengapa Melon Basket Jadi Varietas Unggul? Ini Penjelasan Rusdiana – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.