Menyedihkan! Setiap Tahun 500 Warga Positif HIV/Aids di Semarang – Kilasbaca.com

Ilustrasi.

 

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang mencatat setiap tahun rata-rata menemukan 500 pengidap baru HIV/Aids. Saat ini total penderita HIV/Aids di Kota Atlas ini mencapai 5.228 jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono mengatakan, data tersebut tidak seluruhnya merupakan warga Kota Semarang. Tapi banyak di antara mereka merupakan warga dari luar Semarang namun tinggal dan bekerja di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Menurut Widoyono, dari total penderita itu, warga Kota Semarang sendiri hanya sekitar 25 persen. Di tahun 2019 ini, pihaknya juga sudah kembali menemukan setidaknya 66 penderita baru HIV/Aids.

‘’Tahun 2017 kami menemukan 534 penderita baru, tahun 2018 sebanyak 640 penderita baru, dan tahun 2019 sampai saat ini sudah ada temuan 66 penderita baru,’’ katanya, Jumat (15/3/2019).

Angka penyebaran HIV/Aids yang memprihatinkan itu, masih ditambah mencengangkan dengan fakta lain. Widoyono mengaku pihaknya menemukan fakta menarik tentang penyebab dan jumlah para penderita baru. Diketahui mayoritas penderita adalah laki-laki, yaitu mencapai 58 persen.

‘’Dulu di awal tahun 2000an, penderita kebanyakan hetroseksual dan pekerja seks. Namun mulai tahun 2013 penderita yang ditemukan baru, sebagian besar merupakan lelaki yang suka sama lelaki. Bahkan jumlahnya meningkat terus sampai sekarang. Lebih dari 70 persen dari temuan baru dalam tiga tahun terakhir,’’ katanya.

Untuk wilayah, Widoyono menyebutkan kecamatan tertinggi angka penyebaran HIV/Aidsnya adalah Kecamatan Semarang Utara, mencapai 163 penderita. Lalu disusul Tembalang dengan 137 penderita dan Semarang Barat dengan 136 penderita. Kecamatan paling minim temuan adalah di Tugu, hanya 24 penderita. (duh)

 


Artikel yang berjudul “Menyedihkan! Setiap Tahun 500 Warga Positif HIV/Aids di Semarang – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.