Panen ‘Melon Basket’, Hendi Minta Petani Terus Berinovasi – Kilasbaca.com

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat memanen buah melon farietas unggul yang diberi nama ‘melon basket’ hasil budidaya para petani di Kawasan Agro Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jumat (8/3/2019). (istimewa)

 

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memanen buah melon farietas unggul yang diberi nama ‘melon basket’ hasil budidaya para petani di Kawasan Agro Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jumat (8/3/2019).

Pria yang akrab disapa Hendi ini berharap para petani bisa melakukan kreasi dan inovasi terhadap hasil panen buah tersebut. Sehingga bisa mengembangkan usaha pertaniannya dan mempunyai nilai tambah terhadap perekonomiannya.

‘’Jumlah petani di Semarang sebagai kota metropolitan ini hanya 45 ribu dengan luas lahan pertanian sekitar 2.500 hektare. Sehingga untuk mengembangkan usaha pertaniannya petani harus kreatif dan inovatif,’’ katanya di sela panen melon basket di Green House Agro Purwosari Kecamatan Mijen.

Ide kreatif tersebut misalnya dengan membuatnya menjadi sirup melon, manisan, atau olahan lainnya dari bahan dasar melon basket. Hal ini akan lebih bernilai ekonomi daripada menjualnya langsung karena mungkin takut buah melon menjadi busuk.

‘’Kalau hanya menjual melonnya saja, dipetik kemudian dijual begitu, karena khawatir tidak bisa dipertahankan alias busuk, maka harga jualnya tidak akan maksimal,’’ ujar Hendi.

Hendi menegaskan pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait siap membantu dan memfasilitasi petani, sehingga bisa mengembangkan hasil pertaniannya seperti membuat sirup melon.

‘’Nantinya petani pasti akan merasakan, harga jualnya lebih tinggi setelah diolah daripada dijual buahnya saja secara langsung,’’ tegasnya.

Hendi juga memerintahkan Dinas Pertanian Kota Semarang untuk menjamin ketersediaan pupuk bagi petani. Sebab menurutnya bagaimana petani akan menjaga hasil panen jika ada persoalan dengan masalah pupuk.

Lebih lanjut, ia menegakan Pemerintah Kota Semarang ingin mengembangkan sektor agro wisata di Kota Semarang. Jadi, keberadaan kebun buah dan kebun bunga selain mengembangkan sektor pertanian dan memberikan manfaat besar bagi petani, juga sektor wisatanya bisa ikut dikembangkan. (duh)


Artikel yang berjudul “Panen ‘Melon Basket’, Hendi Minta Petani Terus Berinovasi – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.