Pelni Tambah Kapal Rute Semarang-Karimunjawa, Ini Jadwalnya – Kilasbaca.com

Ilustrasi. KM Siginjai. metrojateng.com/Rhobi Shani

 

SEMARANG – Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara semakin dikenal sebagai destinasi wisata karena keindahan alam, terutama lautnya. Keindahan Karimunjawa kini semakin tersohor sehingga meningkatkan permintaan perjalanan wisata ke ujung utara provinsi Jawa Tengah tersebut.

Untuk mengakomodasi permintaan wisata ke Karimunjawa, PT Pelni menambah armada kapal, yakni KM Lawit yang sebelumnya hanya dilayani oleh KM Kelimutu untuk rute Semarang – Karimunjawa. Dua kapal ini dijadwalkan berangkat ke Karimunjawa setiap Jumat secara reguler.

Executive Agent PT Pelni, Solikhul mengatakan, dua kapal yakni KM Lawit dan KM Kelimutu berangkat Jumat malam pukul 00.00 dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Permintaan perjalanan ke Karimunjawa pada akhir pekan cenderung tinggi, peluang inilah yang coba kami manfaatkan, sehingga masyarakat yang berlibur tidak perlu cuti,” katanya, Senin (25/3/2019).

Pihaknya juga tengah menyiapkan event untuk mendongkrak kunjungan ke Karimunjawa, salah satunya dengan menggelar event bertajuk Let’s Gowes di Karimunjawa menggunakan kapal Pelni. Event ini telah dilakukan empat tahun terakhir dan mendapat respons positif dari masyarakat.

Kepala Pelni Cabang Semarang, Suprihatin menyatakan pihaknya mendukung kegiatan kepariwisataan agar Karimunjawa dengan menawarkan paket wisata Karimunjawa setiap akhir pekan.

Dengan adanya dua kapal milik Pelni yang menuju ke Karimunjawa, pihaknya optimis akan ada penambahan penumpang hingga 8.000 penumpang dalam waktu satu tahun. Tercatat, pada 2018 lalu, kunjungan wisata yang menggunakan rute Semarang – Karimun jawa mencapai 12.000 dan diharapkan meningkat menjadi sekitar 20.000 di tahun ini.

KM Lawit merupakan kapal buatan Jerman dengan kapasitas sekitar 920 penumpang dan memiliki panjang kurang lebih 100 meter. Kapal ini diklaim bisa tahan pada cuaca buruk maupun ombak sehingga penumpang tetap nyaman berada di dalam kapal. (ade)

 

 


Artikel yang berjudul “Pelni Tambah Kapal Rute Semarang-Karimunjawa, Ini Jadwalnya – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.