Pertanyakan Investasi Tinggi, Tapi Tak Mampu Serap Tenaga Kerja Lokal – Kilasbaca.com

Sekretaris Departemen Pemerintahan, DPP PDIP, Hanjaya Setiawan, saat memaparkan pandangannya terhadap pendidikan vokasi di Indonesia. (Fariz Fardianto/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Sejumlah elite politik menyoroti tingginya realisasi investasi Jawa Tengah yang menembus angka Rp 59,26 triliun namun tidak selaras dengan penyediaan tenaga kerja lokal. Kondisinya justru menyusut. Jika 2017 masih ada 129.240 orang. Kini hanya menyerap 111.816 orang.

Menurut Sekretaris Departemen Pemerintahan, DPP PDIP, Hanjaya Setiawan, kalau investasi dari industri padat karya tetapi tenaga kerja lokal belum bisa memenuhi kebutuhan industri, hal ini jadi sebuah catatan serius.

“Bisa jadi karena investor memang kesulitan menyerap tenaga kerja lokal yang siap pakai,” ungkapnya, Jumat (8/3/2019).

Ia menjelaskan perlu adanya peningkatan mutu pendidikan vokasi untuk mencetak lulusan yang benar-benar siap kerja.

Sebab, banyak pengangguran dari lulusan pendidikan vokasi. Ini tentunya harus menjadi pendorong untuk menengok kembali kurikulum pendidikan vokasi Indonesia.

Agar vokasi bisa berjalan sesuai target, perlu penyesuaian antara kebutuhan Industri dengan jenis dan kurikulum pendidikan vokasi. Dengan begitu, lulusan pendidikan vokasi di tingkat regional dapat diserap sebagai tenaga kerja oleh industri di Jateng.

“Lapangan pekerjaan harus diutamakan diisi tenaga kerja lokal, terutama masyarakat sekitar di mana industri tersebut dibangun. Tapi tenaga kerja juga harus disiapkan karena industri punya standar sendiri,” paparnya.

Ia berkata komunikasi antara dunia industri dan pendidikan memang harus dibangun. “Jangan sampai pendidikan banyak mencetak lulusan dengan beragam sektor, tapi yang dibutuhkan industri hanya sebagian,” jelas pria yang ikut nyaleg untuk DPR RI dapil Semarang, Kendal, dan Salatiga ini.

“Misalnya mencetak lulusan otomotif, perhotelan, atau yang lainnya, tapi industri sedang butuh banyak tenaga untuk konveksi dan perikanan Ini kan tidak link and match,” pungkasnya. (far)

 


Artikel yang berjudul “Pertanyakan Investasi Tinggi, Tapi Tak Mampu Serap Tenaga Kerja Lokal – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.