Polri Pertegas Penerimaan Anggota Polisi Tanpa Uang Pelicin!  – Kilasbaca.com

 

SEMARANG – Ribuan calon anggota Polri di wilayah Jawa Tengah berkumpul di lapangan Mapolda Jateng untuk mengikuti kegiatan Pakta Integritas on the Road (PINTER) dalam rangka Penerimaan Terpadu Anggota Polri TA 2019, Minggu (24/3/2019) pagi. Meski hujan deras, sekitar 6.166 calon anggota Polri yang sudah melakukan verifikasi tetap bertahan dalam barisan dan mengikuti kegiatan hingga akhir.

Pakta Integritas on the Road (PINTER) merupakan bentuk komitmen dalam proses penerimaan anggota Polri yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis. Kegiatan ini selain dihadiri oleh calon anggota Polri yang sudah terverifikasi juga dihadiri oleh panitia seleksi, perwakilan orang tua, serta instansi terkait lainnya.

“Tadi ada penandatangan Pakta integritas on the road. Di sini kami semua, mulai dari panitia, peserta, orang tua peserta, seleksi mempunyai komitmen bersama untuk tidak melakukan KKN selama proses seleksi penerima anggota Polri. Itu sesuai dengan instruksi dari Ass SDM Kapolri,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Jateng, Kombes Pol Agoes Soejadi Soepraptono, usai kegiatan.

Pakta Integritas on the Road tersebut juga untuk mempertegas bahwa selama proses seleksi penerimaan anggota Polri tidak dipungut biaya ataupun istilah uang pelicin. Proses atau tahapan seleksi penerimaan anggota Polri meliputi verifikasi administrasi, tes psikologi, tes kesehatan, tes jasmani, tes akademik, dan penentuan akhir.

“Selama proses seleksi, panitia juga melibatkan para ahli seperti verifikasi kependudukan dari Dukcapil, ijazah dari kementerian pendidikan, ahli kesehatan dari ikatan dokter Indonesia, kemudian ada juga psikolog dan pengawas eksternal,” ungkapnya.

Agoes menyebutkan, proses seleksi penerimaan anggota Polri ini rawan “penunggang kuda” yang memanfaatkan situasi. Hal itu yang perlu diwaspadai bersama dan Pakta Integritas on the Road ini adalah salah satu upaya bersama untuk menghilangkan para “penunggang kuda” itu.

“Tolong awasi bersama. Kami ada sistem untuk membantu apabila ada dari peserta dan orang tua peserta yang masih ‘main-main’. Waspadai ‘penunggang kuda’ yang memanfaatkan momen ini. Masyarakat harus berani melapor kalau menemukan,” tandasnya.

Untuk diketahui, data calon anggota Polri di wilayah hukum Polda Jateng sampai tanggal 23 Maret 2019 kemarin menyebutkan ada 9.181 orang yang mendaftar online. Jumlah tersebut terbagi atas 7.391 pria dan 1.790 wanita. Sementara pendaftar yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 6.166 orang. Batas terakhir verifikasi pendaftaran adalah tanggal 28 Maret 2019.

“Kuota Polda Jateng untuk penerimaan anggota Polri TA 2019 ini adalah 736 orang. Terdiri atas Taruna Akpol, Bintara Polri (termasuk Bintara khusus), dan Tamtama Polri (Brimob dan Polair),” pintas Agoes. (aka)

 


Artikel yang berjudul “Polri Pertegas Penerimaan Anggota Polisi Tanpa Uang Pelicin!  – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.