Tempati Pasar Baru, Pedagang Tambaklorok Cari Hari Baik Dulu – Kilasbaca.com

Hari pertama masuk ke dalam Pasar Baru Tambaklorok Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, para pedagang menyambut dengan antusias, Rabu (20/3/2019). (Masrukhin Abduh/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Hari pertama masuk ke dalam Pasar Baru Tambaklorok di Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, para pedagang mengucap rasa syukur, Rabu (20/3/2019).

Seperti diungkapkan Mutoharoh (62), pedagang ikan basah yang berkali-kali mengucapkan syukur, karena bisa memperoleh lapak dengan bangunan porselin warna putih.

‘’Saya sangat bersyukur, sekarang bisa menempati tempat baru di dalam Pasar Tambaklorok dengan bangunan megah seperti ini. Kami menempati lapak juga secara gratis, tidak dipungut biaya,’’ ungkapnya.

Di hari pertama masuk, pedagang belum berjualan. Muthoharoh misalnya, hanya duduk bersantai di lapak jatahnya. Begitu juga pedagang lainnya.

‘’Saya belum tahu persisnya kapan menempatinya untuk jualan. Sebab tradisi pedagang itu kalau masuk ke dalam pasar baru tidak langsung berjualan. Tetapi perlu mencari hari baik untuk pertama kali berjualan mencari nafkah,’’ katanya.

Bahkan setiap pedagang bisa saja berbeda-beda dalam menentukan hari baiknya untuk mulai menempati lapak dan jualannya masing-masing.

Secara resmi dari Dinas Perdagangan sendiri Rabu (20/3/2019) menetapkan hari pertama pedagang harus masuk ke dalam Pasar Baru Tambaklorok. Tetapi, versi pedagang butuh waktu untuk mencari hari baik pedagang mencari rezeki.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto membenarkan, bahwa pedagang dalam memulai berjualan mencari rezeki di pasar tradisional itu mempercayai dan membutuh mencari hari baik.

Namun pihaknya telah menetapkan jadwal kelompok pedagang untuk masuk pertama kali ke pasar baru. Untuk pedagang ikan basah menempati lapak pada hari Kamis (21/3). Sedangkan pedagang sayuran dijadwalkan masuk ke dalam Pasar Baru Tambaklorok mulai Jumat (22/3).

“Dinas Perdagangan Kota Semarang akan melakukan syukuran Pasar Baru Tambaklorok Senin (25/3) pekan depan,” katanya.

Jumat (22/3) mendatang, lanjut Fajar, Dinas Perdagangan Kota Semarang sendiri masih mempunyai pekerjaan rumah (PR) untuk membagi 15 kios untuk pedagang.

Menurut Fajar, setelah Dinas Perdagangan Kota Semarang menggelar syukuran pada hari Senin, maka selanjutnya aktivitas transaksi pedagang dan pembeli akan mulai terjadi seperti halnya di pasar-pasar lainnya.

Fajar menilai bahwa proses penataan pedagang Tambaklorok berjalan lancar, tidak ada ontran-ontran dan pedagang merasa senang di tempat yang baru. Namun bila ada kekisruhan apalagi hingga terjadi perusakan, maka siapapun pelakunya akan berurusan dengan pihak kepolisian. (duh)

 

 

 


Artikel yang berjudul “Tempati Pasar Baru, Pedagang Tambaklorok Cari Hari Baik Dulu – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.