Tim Labfor Bawa Sampel Abu dan Kabel Instalasi Listrik – Kilasbaca.com

SEMARANG – Tim Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang membawa beberapa sampel dari lokasi kebakaran ruang altar penghormatan leluhur, gedung Kong Tik Soe, kompleks Klenteng Tay Kak Sie. Sampel yang dibawa meliputi abu arang dan kabel instalasi listrik.

Tim Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang melakukan olah TKP di lokasi kebakaran bangunan Kong Tik Soe bagian tengah yang digunakan sebagai tempat penghormatan leluhur. Foto: metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar

“Kami memback up Polsek Semarang Tengah untuk menyelidiki lebih lanjut terkait kebakaran ini. Sampel yang kami bawa sementara ini kabel instalasi listrik dan abu arang. Akan kami dalami dengan uji laboratorium,” kata Ketua Tim Labfor, Kompol Setiawan, usai olah TKP di lokasi kejadian, Kamis (21/3/2019).

Sampel abu dan kabel diambil dari bagian depan bangunan yang terbakar. Diduga lokasi tersebut yang memicu adanya titik api. Sampel tersebut akan diuji di laboratorium forensik untuk mengetahui penyebab kebakaran.

“Kami akan dalami tentang apa kebakaran disebabkan dan apa yang bisa membuat terbakar. Sampel diambil dari bagian depan bangunan,” jelasnya.

Setelah uji laboratorium, sampel-sampel tersebut nantinya akan diserahkan ke Polsek untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Kurang lebih yang kami bawa akan diserahkan ke Polsek. Keterangan lanjut langsung ke Kapolsek saja karena kami hanya berhak memeriksa. Apapun hasilnya, Polsek yang mengembangkan secara detail dan rinci dari hasil pemeriksaan kami,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Adi Nugroho, mengatakan Tim Labfor sudah bekerja dan tinggal menunggu hasil laboratorium. Hal itu untuk memastikan penyebab kebakaran terjadi.

“Dugaan sementara disebabkan arus pendek di sekitaran lampu TL 40 Watt di bagian depan. Kami masih menunggu hasil labfor, tadi yang dibawa kabel dan abu arang untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium,” katanya.

“Kami juga akan periksa rekaman CCTV yang ada di lokasi,” pungkasnya.

Gedung Kong Tik Soe di kompleks Klenteng Tay Kak Sie, Jalan Gang Lombok, Semarang Tengah, ludes terbakar, Kamis (21/3/2019) pagi. Seorang penjaga bernama Sutiyono atau Om Lay (82) tewas terbakar dalam insiden tersebut.

Menurut penjaga Klenteng Tay Kak Sie, Sofian Candra, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.30. (aka)


Artikel yang berjudul “Tim Labfor Bawa Sampel Abu dan Kabel Instalasi Listrik – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.