Tingkatkan Konsumsi Ikan, 810 Ribu Bibit Nila Ditebar di Bendungan Tirtonadi – Kilasbaca.com

SOLO – Sebanyak 810 ribu ekor ikan nila ditebar di Bendungan Tirtonadi, tepatnya di Kali Pepe Solo, Kamis (21/3/2019). Kegiatan ini sebagai bagian kampanye gemar makan ikan yang dicanangkan Pemkot Solo.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menebar ikan nila dari atas perahu karet di Bendungan Tirtonadi, Kamis (21/3/2019). Foto: metrojateng.com

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Solo, Weni Ekayanti mengatakan, saat ini tingkat konsumsi ikan di Kota Solo masih sangat rendah yakni sekitar 26,48 kg/kapita/tahun. Angka tersebut di bawah konsumsi Jawa Tengah sebesar 28,81 kg/kapita/tahun, dan nasional sebesar 46,49 kg/kapita/tahun.

“Kami punya program yang namanya “Wongso Subali” atau Wong Solo Sueneng Banget Lawuh Iwak, program ini untuk meningkatkan konsumsi ikan,” ujarnya.

Weni memaklumi rendahnya konsumsi ikan warga Solo. Salah satunya lantaran letak geografis Kota Solo yang tidak memiliki laut maupun waduk untuk budidaya ikan.

Selain meningkatkan konsumsi ikan, penyebaran ikan nila juga bertujuan untuk menjaga ekosistem akuatik yang seimbang dan meningkatkan stok populasi ikan. Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dalam kesempatan tersebut mengimbau kepada warga sekitar terutama para pemancing agar turut serta menjaga kebersihan sungai.

“Pemancing ini kan memiliki andil yang besar untuk mengingatkan para warga untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai,” kata Wali Kota usai tebar ikan nila.

Rudy tak melarang warga untuk memancing di area Bendungan Tirtonadi asalkan membantu menjaga kebersihan sungai. Program penyebaran ikan nila ini rencananya akan digelar di beberapa sungai besar di Kota Solo. (MJ-25)


Artikel yang berjudul “Tingkatkan Konsumsi Ikan, 810 Ribu Bibit Nila Ditebar di Bendungan Tirtonadi – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.