USM Pelajari Cara Kembangkan Radio Komunitas Jadi Radio Komersial – Kilasbaca.com

Berawal dari radio komunitas, Radio Swaragama dan Radio Geronimo hingga sekarang eksis menjadi radio komersial.

Kunjungan mahasiswa USM ke Radio Swaragama dan Radio Geronimo Yogyakarta. Foto: dokumentasi

 

SEMARANG – Komunitas radio mahasiswa di Universitas Semarang (USM), Radio Ekspresi Mahasiswa Universitas Semarang (REMUS) mengunjungi Radio Swaragama dan Radio Geronimo Yogyakarta awal Maret 2019 silam. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengasah bakat para anggota REMUS di dalam dunia penyiaran yang sesungguhnya.

Radio Swaragama dan Radio Geronimo di Yogyakarta juga diharapkan menjadi motivasi untuk mahasiswa karena keduanya juga berawal dari komunitas radio mahasiswa dan masih eksis serta bisa dibilang sukses saat ini.

Manager GA Radio Swaragama, Dewy Poespo menyampaikan bahwa yang menjadi nyawa di radio bukan hanya penyiar, namun tim yang berperan sebagai pembuat skrip, daftar lagu dan produksi iklan. Selain itu, kualitas penyiar juga harus baik karena menjadi wajah radio tersebut.

“Banyak yang mengira bahwa untuk menjadi seorang penyiar itu mudah dan modal berbicara. Namun fakta membuktikan bahwa untuk menjadi seorang penyiar juga harus mempunyai teknik yang harus dipelajari. Menjadi seorang penyiar membutuhkan latihan cukup lama, minimal tiga bulan,” ungkapnya.

Pembina UKM REMUS USM, Febrian Wahyu Christianto berharap, kunjungan tersebut bisa membuat REMUS dapat berkembang dari komunitas radio mahasiswa untuk kemudian mengikuti jejak Swaragama dan Geronimo menjadi radio komersial. (ade)

 

 


Artikel yang berjudul “USM Pelajari Cara Kembangkan Radio Komunitas Jadi Radio Komersial – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.