17 April Libur Nasional, Jika Masuk Kerja Wajib Dapat Uang Lembur! – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Tengah, Wika Bintang meminta para pengusaha untuk meliburkan para buruhnya saat masa coblosan berlangsung pada 17 April nanti. Dengan begitu, para buruh mampu menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu 2019.

Wika Bintang
Foto: dok metrosemarang.com

 

“17 April itu hari Rabu dan menjadi hari libur nasional khusus untuk buruh sudah dikeluarkan surat Menaker, bahwa intinya bahwa semua buruh agar diberikan hak untuk memilih sesuai pilihannya,” ujar Wika, Senin (15/4/2019).

Ia menjelaskan bagi para pengusaha yang nekat tidak meliburkan buruhnya, maka bisa dikenai ancaman hukuman oleh pihaknya.

Sementara itu, kata Wika bila para buruh tetap masuk kerja wajib mendapat uang lembur.

“Yang pasti, saat ada aduan kami proses tapi sanksi tertulis belum ada, tentunya tanggal 17 April jadi libur nasional satu hari untuk seluruh masyarakat Indonesia, sayang kan kalau itu dipakai buat bekerja,” urainya.

Sedangkan, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah, Frans Kongi mengklaim telah menginstruksikan semua perusahaan yang bernaung kepadanya untuk meliburkan semua buruhnya.

Apindo Jateng, menurutnya punya 1.600 anggota yang mayoritas bergerak di bisnis garmen, tektil dan sebagian kecil punya pabrik-pabrik besi baja, perkayuan dan UMKM.

“Dan semuanya sudah saya minta meliburkan karyawan. Pakailah tanggal 17 April buat menentukan nasib bangsa Indonesia. Buruh-buruh sudah kami instruksikan untuk libur,” tandasnya. (far)


Artikel yang berjudul “17 April Libur Nasional, Jika Masuk Kerja Wajib Dapat Uang Lembur! – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.