28 Penari Difabel Buka World Dance Day 24 Jam Menari di Solo – Kilasbaca.com

SOLO – Penampilan 28 penari difabel menjadi pembuka World Dance Day 24 Jam Menari XIII di Pendopo Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Senin (29/4/2019). Mereka membawakan tarian “Kami Tak Berbeda” di hadapan ratusan penonton yang menghadiri rangkaian peringatan Hari Tari Sedunia tersebut.

Penampilan penari difabel membuka World Dance Day 24 Jam Menari di Kampus ISI Solo, Senin (29/4/2019). Foto: metrojateng.com

Para penari difabel membawakan karya ketiga Jonet Srikuncoro, salah satu staf pengajar jurusan tari ISI Solo. Mereka berasal dari SLB Negeri Cangakan Karanganyar, SLB Hamongputro Sukoharjo, dan SLB Insani Yayasan Bina Asih Solo.

“Mereka yang tampil itu adalah gabungan dari karya saya yang pertama tarian ‘Aku Bisa’ dengan siswa tunarungu. Kedua tarian ‘Bel Tubuh’ dengan siswa tunanetra. Yang ketiga ini adalah gabungan antara ‘Bel Tubuh’ dan ‘Aku Bisa’,” kata Jonet Srikuncoro usai pembukaan World Dance Day 24 Jam Menari XIII.

Jonet menambahkan, para siswa tersebut membutuhkan waktu tiga bulan untuk melakukan kolaborasi antara tarian Bel Tubuh dengan tarian Aku Bisa yang kemudian menjadi tarian ‘Kami Tak Berbeda’.

Tarian tersebut membawa pesan bahwa mereka sama dan tidak untuk dibeda-bedakan. Menurut Jonet, keikutsertaan siswa disabilitas yang untuk kali pertama di event World Dance ini menjadi pembuktian bahwa kaum yang selama ini dianggap sebelah mata, bisa menyajikan karya seni yang hebat.

Salah satu penari, Selvi Rita Oktaviani mengaku senang bisa berpartisipasi untuk pertama kali di event tersebut. “Kami ingin menyampaikan pesan agar jangan ada diskriminasi, karena kita ini sama, memiliki kreativitas dan bisa menari juga,” ungkapnya.

Acara World Dance Day 24 Jam Menari di Solo dibuka oleh Staf Khusus Kantor Staf Kepresidenan Laksda TNI (Purn) Leonardi, dan dihadiri Plt Dirjend Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Kanya Eka Santi. Vokalis grup band Slank, Kaka juga turut hadir.

Sementara, sebelum pembukaan dimulai, ada enam penari yang tampil 24 jam nonstop membawakan tariannya. World Dance Day 24 Jam Menari XIII menampilkan 600 jenis tari, dan 175 grup tari. (MJ-25)


Artikel yang berjudul “28 Penari Difabel Buka World Dance Day 24 Jam Menari di Solo – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.