98 Persen Pedagang Pasar Diklaim Gunakan Hak Pilihnya – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, beserta 400 personil yang tergabung dalam tim dan 48 kepala pasar yang tersebar di Kota Semarang melakukan pantauan langsung di pasar-pasar.

Pedagang Pasar Peterongan bersama Kepala Dinas Perdagangan Kota Fajar Purwoto menunjukkan jarinya yang sudah dicelup tinta, Rabu (17/4/2019). (metrojateng.com)

 

Para pedagang pasar di Kota Semarang diketahui ternyata sangat besar antusiasmenya untuk menggunakan hak pilihnya, demi ikut mensukseskan pesta demokrasi pemilihan presiden dan legislatif, Rabu (17/4/2019).

Suasana di pasar-pasar pada pagi hari terlihat sepi dan tidak sedikit kios dan warung yang masih tutup.
Dalam kesempatan ini, pasar yang ditinjau oleh tim adalah Pasar Langgar, Pasar Peterongan dan Pasar Bulu. Fajar memastikan, bahwa sekitar pukul 10.00 WIB, para pedagang yang menggunakan hak pilihnya sudah ada 98 persen.

“Kami menilai para pedagang pasar hingga pukul 10.00 sudah menggunakan hak pilihnya hampir 100 persen, yaitu mencapai 98 persen,” kata Fajar.

Terlihat sejumlah pedagang yang telah datang pagi-pagi sekali, bergegas menutup lapaknya ketika waktu pencoblosan telah dimulai, dan pulang untuk segera mencoblos gambar di surat suara pilpres dan calon anggota legislatif.

Yuli, 41, pedagang ayam potong Pasar Wonodri- warga Mrican, mengaku sudah sejak pagi dini hari berjualan ayam potong dan membawa ayam potong tidak banyak, sehingga bisa pulang gasik dan menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos.

“Kebetulan suami saya anggota PPS, sehingga saya wajib menggunakan hak pilih, saya membatasi berjualan hingga pukul 10.00 saja, lalu pulang,” kata Yuli bergegas meringkesi barang-barangnya sekitar pukul 09.30.

Menurut Fajar, di Kota Semarang ada 48 pasar dengan jumlah pedagang ada sekitar 28.000 pedagang. “Para pedagang memiliki kesadaran tinggi terhadap pilpres 2019 dengan menggunakan hak pilihnya,” tegasnya saat di Pasar Peterongan.

Ditambahkan, para pedagang yang ditanya, banyak mengaku sudah menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan bukti jari yang sudah dicelup tinta. Dia mengapresiasi kesadaran pedagang yang sangat tinggi menggunakan pilihannya sesuai dengan hati nuraninya.

“Kami melakukan pendekatan persuasif kepada pedagang, juga memasang poster di pasar-pasar dengan tulisan untuk menciptakan pemilu damai 2019,” pungkasnya. (duh)

 


Artikel yang berjudul “98 Persen Pedagang Pasar Diklaim Gunakan Hak Pilihnya – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.