BPJS Kesehatan Semarang Bayar Utang ke Faskes Rp 420 Miliar – Kilasbaca.com

SEMARANG – BPJS Kantor Cabang Utama Semarang membayar hutang klaim jatuh tempo sepanjang bulan April 2018 ke mitra fasilitas kesehatan. Badan tersebut menggelontorkan dana sebesar Rp 420,985 miliar.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan KCU Semarang, Antonius Ferry Indrawan didampingi Kabid SDM dan Komunikasi Agung Dwi Handoko memberikan keterangan kepada media terkait pembayaran klaim ke faskes, Selasa (16/4/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan KCU Semarang, Antonius Ferry Indrawan mengatakan, setiap tanggal 15 merupakan tanggal pembayaran kapitasi untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Sedangkan, pembayaran non kapitasi dan tagihan rumah sakit dibayarkan pada hari berikutnya.

“Khusus di wilayah kerja KCU Semarang yang meliputi Kota Semarang dan Demak terdapat 336 FKTP, 18 apotek, 2 laboratorium dan 57 FKRTL yang terdiri atas 25 rumah sakit dan 31 optik. Semua tagihan klaim atau utang dan dana kapitasi BPJS Kesehatan terhadap faskes tersebut telah dibayarkan,” ungkapnya kepada media di kantor BPJS KCU Semarang, Selasa (16/4/2019).

Diketahui, BPJS Kesehatan secara nasional pada April 2019 menggelontorkan dana Rp11 triliun untuk membayar utang klaim jatuh tempo kepada rumah sakit (FKRTL) serta membayar sebesar Rp1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada FKTP.

“Sampai hari ini, tagihan klaim rumah sakit yang lolos verifikasi dan sudah jatuh tempo, akan dibayar oleh BPJS Kesehatan dengan mekanise ‘first in first out‘. Urutan pembayaran disesuaikan dengan catatan kami,” katanya.

Dalam hal ini, rumah sakit yang lebih dulu mengajukan berkas secara lengkap, transaksi pembayaran klaimnya akan diproses lebih dulu.

“Kami berharap dengan telah dibayarkannya utang klaim, pihak rumah sakit makin optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” tutur Ferry.

Sementara itu, BPJS Kesehatan selalu berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN-KIS untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa diskriminasi, sebagaimana yang diatur dalam regulasi yang ditetapkan pemerintah. Dengan demikian diharapkan masyarakat makin yakin bahwa program ini akan terus berlangsung, rumah sakit menjadi lebih tenang, dan tenaga kesehatan merasa nyaman. (ang)


Artikel yang berjudul “BPJS Kesehatan Semarang Bayar Utang ke Faskes Rp 420 Miliar – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.